Dunia Smart vidoran

Saturday, 27 April 2019

8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Setiap jadwal makan tiba, Si Kecil pun mulai menabuh genderang perang. Ia menggeleng kepalanya sambil menutup rapat mulutnya. Sabar ya Bun. Semoga 8 cara mengatasi anak susah makan di bawah ini dapat membantu.

Jika anak susah makan, Bunda perlu mencoba mencari penyebabnya terlebih dulu. Terkadang begitu sederhana. Misalnya, ia masih kenyang atau porsinya yang terlalu banyak. Nah kalau sudah dicari penyebabnya, 8 cara mengatasi anak susah makan di bawah ini semoga dapat membantu:

  1.  “Abaikan” Anak

Kalau setiap waktu makan, Bunda tak berhenti membujuk Si Kecil, meski bermaksud baik, perhatian Bunda justru bisa menjadi tekanan bagi anak dan membuatnya jadi anak susah makan. Sesekali coba minta  Si Kecil mengambil nasi dan lauk pauknya sendiri di meja makan dan biarkan ia makan sendiri. Lalu abaikan saja dia. Sibukkan diri dengan mengajak anggota keluarga lain bercakap-cakap. Waktu makan yang santai semoga bisa membuatnya dapat lebih menikmati makannya.

  1. Ajak Berbelanja

Kita tahu bahwa anak susah makan akan makan lebih baik ketika mereka diajak terlibat dalam persiapannya. Kalau anak masih terlalu kecil untuk diajak memasak, paling tidak ajaklah ia saat berbelanja.

  1. Tawarkan Menu Baru

Rasa bosan bisa menjadi penyebab anak susah makan. Beberapa menu baru bisa menyelesaikan masalah ini.

  1. Kurangi Porsinya

Saat anak tak menghabiskan makanannya, Bunda bisa menyimpulkan ia sebagai anak susah makan. Padahal jangan-jangan porsinya yang terlalu besar. Coba kurangi sekitar seperempat hingga sepertiga porsi orang dewasa.

  1. Perhatikan Asupan yang Lain

Terkadang anak susah makan penyebabnya sederhana, ia masih kenyang karena baru minum susu atau jus. Susu mengandung lemak dan juga protein, sementara jus banyak mengandung gula. Jadi pada kasus ini anak sebenarnya tidak susah makan, dia hanya masih merasa kenyang.

  1. Atur Jadwal Cemilan

Anak yang ngemil sepanjang hari akan jadi anak susah makan. Karena di saat jadwal makan utamanya tiba, ia jadi malas makan. Idealnya jadwal cemilan adalah 2 kali sehari di antara jadwal makan utama.

  1. Sesekali Beri Pelajaran

Terkadang anak susah makan karena kelelahan. Setelah seharian bermain, anak tidak punya energi untuk makan. Bujuk ia untuk makan, bila ia  masih menolak ingatkan tidak ada makanan lagi sampai pagi. Rasa lapar akan membuat anak lebih menghargai makanan.

  1. Berikan vidoran Plus Syrup

Jatuh sakit juga dapat menyebabkan anak susah makan. Pada kondisi seperti Bunda dapat memberikannya vidoran Plus Syrup yang mengandung Curcuma dan Lysine untuk membantu memperbaiki nafsu makannya. Sirup dengan rasa jeruk ini dilengkapi dengan multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin selama masa pertumbuhan.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!