Tuesday, 22 December 2015

9 Manfaat Pelukan Kanguru untuk Anak

Ikatan orangtua dan anak adalah ikatan paling kuat. Namun berdasarkan riset yang mengikutsertakan lebih dari 100 pakar dan 14.000 anak, ditemukan bahwa 2 dari 5 anak tumbuh dengan kurangnya kasih sayang (secure attachment) dari orangtua mereka. Anak-anak yang kurang kasih sayang cenderung melakukan hal buruk di sekolah dan menderita depresi dibandingkan anak-anak yang mendapatkan cukup kasih sayang dari orangtuanya. Susan M Ludington, RN, PhD, direktur eksekutif United States Institute for Kangaroo Care, mengatakan, ada cara mudah membentuk secure attachment pada anak.

"Kuncinya, selalu membangun interaksi dengan anak selama masa pertumbuhan mereka," tegas Susan. Susan memberikan contoh yang mudah namun sangat bermanfaat untuk mempertebal ikatan ibu dan anak, yaitu pelukan kanguru. Pelukan kanguru adalah teknik yang dipraktikkan pada bayi yang baru lahir (bisa dilakukan pada bayi premature), yaitu dengan memaksimalkan pelukan melalui sentuhan kulit kekulit dari ibu kepada bayi baru lahir.

Pelukan kanguru untuk bayi prematur dapat dibatasi untuk beberapa jam per hari, tetapi jika mereka stabil secara medis, maka durasinya dapat diperpanjang.
Berikut sembilan manfaat pelukan kanguru yang bisa membantu mempertebal hubungan Anda dan bayi.

 1. Membantu Bayi Beradaptasi
"Pengaturan suhu tubuh merupakan masalah yang sangat umum pada bayi, terutama bayi prematur," kata Malika D Shah, MD, asisten profesor pediatri dan neonatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine.
Ketika bayi masih berada di dalam kandungan, suhu tubuhnya mengikuti suhu tubuh ibu. Agar bayi mudah beradaptasi, berikan pelukan kanguru sesaat setelah ia lahir. Pasalnya, pelukan kanguru menjadikan suhu kulit ibu sama seperti rahim, sehingga membuatnya nyaman dan aman layaknya di dalam rahim.

2. Meningkatkan Perkembangan Mental Bayi
Menurut sebuah penelitian di Kanada, perkembangan otak pada bayi prematur yang menerima pelukan kanguru akan berfungsi lebih baik saat ia beranjak remaja, dibandingkan bayi yang hanya menerima perawatan inkubator.
Susan pun mengatakan hal serupa, yaitu dengan menstabilkan denyut jantung, kadar oksigen, dan memperbaiki tidur bayi, perkembangan otaknya pun  jadi lebih optimal.

3. Berat Badan Ideal
Sebuah ulasan di Cochrane Library menyimpulkan bahwa kontak kulit-ke-kulit dari ibu kepada bayi mampu meningkatkan berat badan bayi yang baru lahir.
"Ketika bayi merasa hangat, mereka tidak perlu menggunakan energi untuk mengatur suhu tubuhnya. Sebagai gantinya, mereka dapat menggunakan energi itu untuk tumbuh."
Ditambah lagi, bayi yang sering mendapat pelukan kanguru memiliki nafsu minum susu yang lebih tinggi. Itulah yang membuat berat badan mereka cepat naik.

4. Menyusui Lebih Mudah
"Bayi yang baru lahir, secara naluriah menggunakan indera penciumannya untuk mencari puting payudara ibu dan mulai menyusui. Nah, pelukan kanguru membantu meningkatkan indera penciuman mereka," kata Katie Dunning, RN, koordinator klinik persalinan dan melahirkan di Mount Sinai Hospital.
 Menurut studi yang dipublikasikan Neonatal Network, ibu yang berlatih pelukan kanguru lebih mungkin menyusui secara eksklusif dan menyusui tiga bulan lebih lama ketimbang yang tidak.

5. Membantu Ibu Menghasilkan Susu
Menurut Dr Shah, ketika ibu dan bayi berpelukan, hormon yang mengatur keseimbangan laktasi keluar dan itu membantu ibu menghasilkan lebih banyak susu.

6. Mengurangi Stres dan Nyeri Bayi
Ludington mengungkap, pelukan kangguru selama 10 menit dapat mengurangi tingkat hormon kortisol (penyebab stres) dan merangsang hormon oksitosin yang membuat bayi merasa tenang dan aman.
Ketika bayi prematur mendapatkan pelukan kanguru, mereka bereaksi lebih sedikit pada rasa sakit.

7. Membantu Bayi Tidur
Salah satu cara mengurangi stres adalah dengan tidur yang baik. Jurnal Pediatric melaporkan, bayi prematur yang tidur dalam pelukan ibu mampu tidur lebih lelap daripada mereka yang tidur di inkubator.

8. Meningkatkan Kedekatan dengan Ayah
Pertama kali bayi mengenali suara ayah mereka adalah saat mereka berada dalam rahim. Seorang peneliti Pelukan Kanguru, Gene Cranston Anderson, PhD, RN, mengatakan, "Untuk membuat ikatan keduanya semakin kuat, bisa dibantu dengan pelukan kangguru."

9. Mencegah Depresi Postpartum
Berbagai penelitian menunjukkan, perawatan kanguru mengurangi depresi postpartum. Menurut MCN: The American Journal of Maternal/Child Nursing, kontak kulit-ke-kulit dapat mengaktifkan jalur untuk meminimalkan risiko depresi. Plus, oksitosin yang dilepaskan saat berpelukan itu dapat mengurangi kecemasan serta mengurangi risiko lain akibat melahirkan.

Foto: fitpregnancy.com

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!