Monday, 24 August 2015

Agar Anak Tak Mudah Sakit

Apa yang bisa Anda lakukan agar anak tak mudah sakit? Anda perlu melindungi anak dari paparan kuman dan virus setiap hari. Ternyata, ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan untuk memberikan anak sistem kekebalan tubuh yang baik.

ASI eksklusif. Penelitian telah menunjukkan bahwa ASI baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak. ASI mengandung nutrisi yang meningkatkan kekebalan antibodi dan sel-sel darah putih. Selain memberikan perlindungan terhadap infeksi telinga, alergi, diare, radang paru-paru, meningitis, hingga infeksi saluran kencing, tinjauan penelitian oleh Kelly M Jackson dan Andrea M. Nazar dalam Journal of American Osteopathic Association menunjukkan, menyusui juga mendukung pengembangan sistem kekebalan tubuh.

Tidur cukup. Penelitian menunjukkan, kekurangan tidur bisa membuat kekebalan tubuh menurun, sehingga Anda mudah sakit. Hal yang sama berlaku untuk anak, demikian pendapat Kathi Kemper, MD, Direktur  Center for Holistic Pediatric Education and Research at Children's Hospital, di Boston. Anak-anak yang dititipkan di Day Care kadang menjadi kekurangan tidur karena banyaknya aktivitas bermain yang menggoda mereka untuk enggan tidur. Padahal, anak batita setidaknya butuh tidur 12-13 jam sehari, sedangkan balita sekitar 10 jam.

Cuci tangan. Membasmi kuman memang tidak langsung mendongkrak kekebalan tubuh, namun menjadi cara yang baik untuk mengurangi tekanan pada kekebalan tubuh anak. Biasakan anak mencuci tangan setiap habis beraktivitas di luar, bermain dengan binatang, menggunakan toilet, membuang ingus, juga sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa gunakan sabun. Selalu bawa tisu basah jika Anda bepergian bersama anak untuk membersihkan tangan dengan cepat.

Kurangi obat-obatan. Tak perlu panik setiap kali anak demam, pilek, atau batuk, lalu langsung minta obat antibiotik kepada dokter. Antibiotik hanya mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Padahal, "Kebanyakan penyakit yang dialami anak-anak disebabkan oleh virus," ungkap Howard Bauchner, MD, profesor bidang kesehatan masyarakat di Boston University School of Medicine.

Makan lebih banyak buah dan sayuran. Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Vitamin C bisa Anda dapatkan dari jeruk dan sayuran berdaun hijau, antioksidan pada bawang putih, dan lain sebagainya. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya fitonutrien (bisa didapat dari wortel, buncis, jeruk, dan stroberi) mampu meningkatkan produksi sel-sel darah putih yang dapat melawan infeksi.

Aktif bergerak. Anak yang aktif bergerak saat bermain memberikan keuntungan dengan meningkatkan jumlah sel-sel pembunuh kuman. Agar anak terbiasa bergerak aktif, berikan contoh. "Berolahragalah bersama mereka, ketimbang cuma menyuruh mereka bermain di luar," ujar Renee Stucky, PhD, profesor bidang pengobatan fisik di University of Missouri Medical School. Ajak anak bersepeda, in-line skating, bermain bola, berenang, dan sebagainya.
Nah, adakah dari keenam poin di atas yang belum didapatkan anak-anak Anda? Yuk, tingkatkan sistem kekebalan tubuhnya dari sekarang!

FOTO: CUCI TANGAN.JPG – WEBMD.COM

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!