Dunia Smart vidoran

Friday, 19 August 2016

Agar Nyaman di Tempat Baru

Saat mengunjungi tempat baru, umumnya anak-anak butuh waktu agar mereka bisa merasa nyaman. Contohnya saat pindah ke rumah atau sekolah baru. Hal ini wajar lho Bunda, karena setiap anak harus merasa aman dan nyaman dulu sebelum bisa beraktivitas di tempat baru tersebut.

Sebelum bisa merasa aman dan nyaman, si Kecil butuh informasi sebanyak mungkin, seperti apa tempat baru tersebut dan mengapa mereka harus ke tempat itu. Sebaiknya Bunda menjelaskan mengenai hal-hal menarik yang ada di tempat itu sebelum pindah. Bisa berupa aktivitas yang dapat mereka lakukan maupun siapa saja yang akan mereka temui.

Nah, agar si Kecil tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi, beberapa cara ini bisa dipraktikkan:

1. Selalu temani dia di tempat baru. Anak-anak butuh orang yang mereka kenal untuk bisa membangun rasa percaya diri, dan tidak ada yang lebih baik ketimbang orangtua mereka sendiri.

2. Ajarkan cara berkenalan dengan anak lain yang sebaya. Sifat beraninya biasanya muncul saat berhadapan dengan anak lain yang seumuran. Usahakan mereka mendapat satu teman yang bisa mereka percayai dan mau untuk diajak bermain bersama.

3. Bawa benda-benda yang bisa membuat mereka nyaman, seperti boneka atau mainan. Benda-benda ini bahkan bisa menjadi bahan bagi mereka untuk mulai berkenalan dengan anak lain.

4. Jangan paksakan si Kecil untuk langsung bersosialisasi. Mereka akan melakukannya jika merasa sudah nyaman, dan itu mungkin butuh waktu yang tidak sebentar.

5. Semakin sering si Kecil diajak ke tempat baru tersebut, maka semakin mudah ia mengenal lingkungan barunya.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!