Friday, 18 November 2016

Ajak si Kecil untuk Playdate

Saat masuk usia prasekolah, anak mulai tertarik untuk bermain bersama teman sebayanya. Nah, Bunda bisa mulai mengajaknya untuk playdate, semacam ‘janjian’ di waktu dan tempat tertentu agar si Kecil dan teman-temannya dapat bermain bersama.

Playdate pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak agar ia mudah bergaul dan tak canggung saat bertemu orang baru. Dengan mengajak ia berkumpul dengan anak-anak seusianya, diharapkan si Kecil dapat mulai membangun ikatan dengan orang-orang di luar keluarga sehingga mudah beradaptasi ketika memasuki usia sekolah.

Agar berjalan sukses, ada beberapa ‘aturan’ saat mengajak anak untuk playdate.

  • Baik sebagai tuan rumah atau tamu, Bunda dan anak harus bertingkah laku yang sopan. Jika Bunda berlaku sopan, otomatis anak juga akan belajar meniru atau beradaptasi untuk bersikap sopan terhadap orang yang mengundang atau diundang playdate.
  • Ingat, setiap keluarga memiliki aturan rumah yang berbeda-beda. Bunda bisa berkompromi dengan keluarga lain untuk menetapkan aturan rumah yang berlaku secara umum.
  • Saat anak-anak Bunda bisa bermain asyik dengan teman barunya, Bunda pun perlu mengenal dengan para orangtua dengan berinteraksi sembari menjaga dan menunggu.
  • Baik di rumah sendiri atau tempat lain, biasakan anak untuk membereskan seluruh mainan yang telah dipakai ke tempat penyimpanan yang disediakan.
  • Simpan baik-baik mainan yang menjadi favorit atau kesayangan si Kecil. Hal ini bertujuan agar menghindari kejadian hilang atau rusak saat dimainkan bersama. Jika memungkinkan, belikan mainan khusus untuk digunakan bersama saat playdate.
  • Jangan paksa anak untuk playdate, terutama saat si Kecil sedang sakit. Hal ini untuk menghindari si Kecil menularkan penyakit ke anak lain. Meski Bunda sudah berjanji akan hadir sebelumnya, akan lebih baik jika segera mengabari para orangtua mengenai hal ini.
  • Meski playdate kali ini diadakan di rumah sendiri, bukan berarti Bunda boleh lengah atau lepas tanggung jawab untuk menjaga mereka. Pastikan Bunda selalu memperhatikan setiap gerak-gerik anak.
  • Jangan pernah datang terlambat pada playdate yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika Bunda ada kesibukan lain di waktu yang bersamaan, segera kabari para orangtua untuk membatalkan atau menggeser jadwal playdate ke waktu lain.

Produk Terkait

vidoran gummy Vitamin C

Meningkatkan daya tahan tubuh.


Susu vidoran Ibunda Rasa Coklat

Susu Ibu Hamil Pertama yang mengandung NUTRIPLEX yang diperkaya Cod Liver Oil (Minyak Hati Ikan Cod) Asam Folat, Tinggi Kalsium, Omega 3&6, Sumber 12 vitamin dan 8 mineral.


Susu vidoran Xmart UHT Rasa Coklat

Susu cair siap minum pertama dengan NUTRIPLEX yang diperkaya Cod Liver Oil, Sumber Vit-C, Sumber Kalsium, Sumber Vit B2, B6, B12, D & E yang dikemas dengan metode Ultra High Temperature (UHT).


Susu vidoran Xmart 3+ Rasa Madu

Susu vidoran Xmart 3+ merupakan susu pertumbuhan pertama yang mengandung NUTRIPLEX diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Sumber Protein, Sumber 12 Vitamin dan 6 Mineral.


Susu vidoran Xmart 1+ Rasa Madu

Susu vidoran Xmart 1+ merupakan susu pertumbuhan pertama yang mengandung NUTRIPLEX diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Tinggi Protein, Sumber 12 Vitamin dan 8 Mineral.


Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!