Friday, 11 December 2020

Anak selalu mengemut makanannya? Ini Tips agar Keterampilan Mengunyahnya Lebih baik

Kebiasaan mengemut makanan adalah kebiasaan tidak sehat. Karena anak balita bisa menyimpan makanan di mulutnya selama berjam-jam dan menelannya begitu saja tanpa dikunyah. Akibatnya, makanan tidak tercerna dengan baik dan si Kecil bisa memuntahkan seluruh makanannya kembali. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bila tidak tertangani, dikhawatirkan dapat mengganggu asupan nutrisi yang dibutuhkan anak.

Untuk itu, jika si Kecil selalu mengemut makanannya, Bunda perlu mencari penyebabnya. Beberapa masalah medis, seperti tounge tie atau lip tie bisa menjadi penyebabnya, pada kasus ini Bunda perlu mengonsultasikannya pada dokter. Berbeda bila anak hanya sesekali mengemut makanannya, kemungkinan besar karena si Kecil tidak suka pada makanannya. Kunci untuk mengatasi masalah ini adalah Bunda perlu memvariasikan makanannya, baik dalam rasa juga tekstur.

Penyebab lain, kemungkinan terkait keterampilan mengunyah anak yang kurang baik. Ini biasanya karena pengenalan makanan padat yang terlambat (di atas usia 6 bulan). Banyak kasus mengemut makanan disebabkan hal ini. Untuk mengatasinya, tips ini bisa Bunda coba:

Kenalkan makanan bertekstur kasar secara bertahap
Bunda bisa mencoba makanan yang lebih kasar dari bubur, tapi masih mudah dikunyah, seperti mashed patato (kentang tumbuk) atau ubi kukus. Saat anak sudah bisa mengunyah makanan yang disajikan, mulailah meningkatkan tekstur makanan dengan yang lebih kasar.

Berikan finger food
Biasanya si kecil akan suka dengan finger food karena membuatnya bisa makan sendiri. Sajikan sayuran atau buah kukus. Bisa juga dicoba memberikan makanan renyah, seperti biskuit. Kerenyahan biskuit bisa membuat si Kecil belajar untuk mengunyah dengan lebih baik.

Ajak makan bersama keluarga
Balita belajar dengan meniru. Tunjukkan padanya bahwa semua orang mengunyah makanan. Ini akan mendorongnya untuk mau mengunyah.

Pastikan anak lapar
Beri jeda setidaknya 3-4 jam di antara waktu makan sehingga anak cukup lapar untuk mau makan. Perut kenyang membuat anak cenderung mengemut makanannya.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi balita saat ia belajar untuk tidak mengemut makanannya, Bunda dapat melengkapi gizi si Kecil dengan susu vidoran Xmart 1+. Susu vidoran Xmart 1+ menggunakan susu berkualitas dari peternakan sapi New Zealand, dengan NUTRIPLEX yang mengandung Cod Liver Oil, Omega 3&6, Inulin, Sumber Protein, Sumber 12 vitamin dan 6 mineral. Berikan susu vidoran Xmart 1+ sambil Bunda terus mengajari si Kecil untuk menikmati makanannya yang lebih bertekstur sehingga keterampilan mengunyahnya semakin baik.

Produk Terkait

Susu vidoran Xmart 1+ Rasa Madu

Susu vidoran Xmart 1+ merupakan susu pertumbuhan pertama yang mengandung NUTRIPLEX diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Tinggi Protein, Sumber 12 Vitamin dan 8 Mineral.


Susu vidoran Xmart 1+ Rasa Vanilla

Susu vidoran Xmart 1+ merupakan susu pertumbuhan pertama yang mengandung NUTRIPLEX diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Tinggi Protein, Sumber 12 Vitamin dan 8 Mineral.


Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!