Wednesday, 04 November 2015

Asah Otak Balita dengan Mainan yang Pas

Banyak cara bisa dilakukan orangtua untuk mendukung tumbuh kembang anak, salah satunya mengasah otak balita dengan permainan edukatif yang sesuai usianya. 

Tak hanya jenisnya, pastikan mainan yang kita belikan untuk anak sesuai dengan usia mereka. Untuk memberikan yang pas, pertama cari tahu dulu apa saja karakteristik dan perkembangan si kecil kala memasuki usia balita. Berikut beberapa di antaranya:

• Menjadi lebih aktif. 
• Memiliki koordinasi tangan yang lebih baik.
• Memori otak berkembang lebih baik.
• Lebih imajinatif, serta mampu membayangkan gambar dari apa yang dipikirkannya.
• Mulai ingin mandiri.
• Senang mengambil apa saja.
• Suka menguji kemampuan yang mereka miliki dan tertarik melihat akibat dari aksi dan perlikaku mereka.
• Suka mengelompokkan sesuatu sesuai ukuran, bentuk, dan warna.
• Memiliki energi lebih banyak.

Berdasarkan beberapa fakta itu, mainan dan permainan yang pas untuk mengasah otak balita adalah:

Peralatan mewarnai yang bisa dibersihkan
Tak hanya mengasah otak, peralatan mewarnai juga akan mengasah daya kreativitas anak. Berikan krayon atau alat mewarnai lain seperti cat air yang mudah dibersihkan. Bentangkan selembar kertas putih di lantai. Lalu, biarkan si kecil bereksplorasi dengan warna di atas kertas.

Buku cerita bergambar
Si kecil mulai mengerti kalimat atau cerita yang lebih kompleks, sehingga membacakan buku cerita bergambar akan otomatis mampu meningkatkan kemampuan berbahasa dan kosakatanya. Pastikan buku yang diberikan diperuntukkan untuk anak balita; yaitu lebih banyak gambar daripada teksnya.

Balok warna-warni
Dengan balok warna-warni si kecil akan tertarik melatih koordinasi tangan dan mata sambil mengasah daya imajinasi dan kreativitas mereka. Anak di atas tiga tahun harus sudah bisa membangun menara dengan menumpuk delapan buah balok. 

Mainan masak-masakan
Anak balita suka meniru kegiatan yang dilakukan orang dewasa, misal kegiatan memasak. Dengan bermain masak-masakan, anak juga belajar mengenal tahapan atau urutan proses, seperti mencuci bahan, memotong, memasak, hingga menyajikan. Permainan bertahap seperti ini penting untuk membangun logika berpikir, termasuk logika dalam membaca dan menulis. 

Musik
Musik akan mendorong si kecil untuk bergerak, seperti menari, bertepuk tangan, berputar, melompat, atau bahkan bersenandung. Tak hanya itu, alunan musik juga akan meningkatkan perkembangan otak si kecil. Coba berikan mainan alat musik dan biarkan mereka mencoba membuat alunan nada sendiri tanpa interupsi dari kita. 

Puzzle
Karena kemampuan menemukan solusi dan koordinasi mata-tangan anak semakin meningkat, asah juga kemampuan ini dengan puzzle. Untuk anak balita, mulailah dengan puzzle 4 keping berukuran besar dan bergambar sederhana.

Nah, itulah aneka mainan dan permainan yang pas untuk mengasah otak balita agar cerdas.

FOTO: KIDSATTHECREEK.COM

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!