Friday, 18 November 2016

Bantu Bunda Boleh, Asal Aman

Ada begitu banyak tugas yang harus dilakukan seorang ibu untuk mengurusi rumah tangga. Namun, bukan berarti semua harus dikerjakan oleh Bunda seorang diri. Bunda bisa mengajak anak untuk berbagi pekerjaan sehingga lebih cepat selesai.

Namun terkadang, si Kecil bisa terlihat sangat antusias ingin ikut membantu bersih-bersih. Ia bahkan ingin meniru dengan persis saat Bunda menggunakan peralatan atau bahan sebenarnya masih tergolong berbahaya dan terlarang baginya.

Nah, agar si Kecil tetap aman dan nyaman mengerjakan tugas rumah tangga yang Bunda berikan hingga tuntas, siasati dengan mengikuti tip berikut:

  • Berikan tugas yang sederhana (tidak terlalu membutuhkan alat bantu). Misalnya seperti merapikan mainan ke kotak penyimpanan, menata buku di lemari, memberi makan hewan peliharaan, memasukkan pakaian kotor di keranjang cuci, atau melipat baju yang sudah kering.
  • Siapkan alat bantu kebersihan dengan fungsi dasar seperti sapu, kemoceng, atau kain lap untuk anak-anak. Ajari mereka cara menggunakan alat tersebut dengan benar. Pastikan alat-alat tersebut dalam kondisi bersih, aman, dan nyaman sebelum digunakan.
  • Gunakan sarung tangan karet, celemek, atau pelindung tubuh, serta masker untuk menutup mulut dan hidung agar terhindar dari kontak langsung dengan kotoran, debu, serta racun berbahaya lainnya. Peringatkan mereka untuk berhati-hati saat membantu Bunda.
  • Awasi dan bimbing anak saat berdekatan atau menggunakan dengan peralatan berbahaya (barang-barang elektronik, barang-barang mudah terbakar, serta benda tajam) seperti penyedot debu, kompor gas dan pisau. Jangan biarkan anak menggunakan peralatan tersebut sendiri tanpa ada bimbingan orang tua atau orang dewasa.
  • Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia beracun. Pilihlah yang berbahan aman atau bebas racun. Jika memungkinkan, jauhkan produk-produk pembersih dari jangkauan anak-anak. Simpan di lemari tertutup dan terkunci agar mereka tidak dapat menggunakannya dengan mudah.
  • Lakukan pekerjaan rumah tangga yang relatif tidak aman bagi anak-anak seperti membersihkan kamar mandi, mengepel lantai, memasang atau memindahkan furnitur, atau menyedot debu pada saat mereka tidak ada bersama Bunda (sedang tidur atau sekolah).
Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!