Thursday, 16 July 2020

Berat Badan Anak Tak Sesuai? Coba Minum Vitamin agar Anak Gemuk dan Sehat

Kalau Bunda mencurigai si Kecil terlalu kurus, sebaiknya Bunda berkonsultasi pada dokter anak. Orang tua bukanlah hakim terbaik untuk menentukan apakah anak kurus atau tidak. Terkadang anak tidak segemuk teman-temannya karena memang secara genetik tubuhnya terlahir langsing seperti ayah ibunya.  Untuk menentukan berat badan anak yang sehat, dokter akan melihat catatan berat badan anak setiap bulan (biasanya tercatat pada KMS/Kartu Menuju Sehat) dan membandingkan berat badan anak dengan tinggi badan, jenis kelamin, dan usia anak.

Kalau berat badan si Kecil ternyata memang kurang, tugas Bunda adalah mencari penyebabnya.  Biasanya ada tiga penyebab: terlalu sedikit kalori yang masuk, terlalu banyak kalori yang keluar, dan anak tidak menyerap cukup kalori (malabsorpsi). Yang paling mudah diperbaiki adalah penyebab pertama.

Malabsorpsi biasanya terkait dengan masalah pencernaan, seperti penyakit radang usus. Sementara beberapa penyakit kronis seperti asma atau infeksi dapat menyebabkan anak membakar terlalu banyak kalori. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi hal tersebut.

Hal penting yang harus diperhatikan Bunda agar anak mencapai berat badan ideal adalah dengan memerhatikan asupan nutrisi si kecil. Berikut ini beberapa tips yang dapat Bunda ikuti:

  • Pastikan anak makan tiga kali
    Atau setidaknya dua kali sehari. Untuk merangsang nafsu makan anak,  dorong anak untuk aktif bergerak.
  • Berikan camilan padat gizi
    Roti dengan mentega kacang atau keju, salad sayur dan alpukat, bubur kacang hijau, dan sebagainya.  Tawarkan camilan sekitar satu atau dua jam sebelum jadwal makan utama agar tidak mengganggu nafsu makan si Kecil saat jam makan besarnya tiba.
  • Manfaatkan susu
    Susu vidoran Xmart,
    misalnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kalori, protein dan kalsium tambahan bagi anak dengan cara lebih sehat. Contoh dengan membuat smoothie kocok dari buah yang dicampur susu. Atau tambahkan susu bubuk susu vidoran Xmart ke makanan seperti kentang tumbuk atau sup krim.
  • Minum vitamin agar anak gemuk dan sehat
    Bila si Kecil selalu kelihatan tidak nafsu makan sehingga mengganggu kenaikan berat badannya, Bunda dapat memberikannya vitamin agar anak nafsu makan dan sehat, seperti vidoran Plus Frugie Syrup.

Vitamin berbentuk sirup dengan rasa jeruk yang disuka anak ini bisa membantu memperbaiki nafsu makan anak karena memiliki kandungan Curcuma dan Lysine. Tidak hanya itu, vidoran Plus Frugie Syrup juga dilengkapi dengan Multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin selama masa pertumbuhan. 

Namun walaupun vitamin diperlukan, Bunda tetap perlu memaksimalkan asupan nutrisi anak dengan tetap mematuhi jadwal makannya ya.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!