Wednesday, 04 February 2015

Cara Jitu Mengganti Popok Bayi

Hadapi bayi atau balita yang "lincah" dan tak bisa diam selagi Anda harus mengganti popok atau membedaki tubuhnya, bukan perkara mudah. Cobalah strategi berikut agar bayi tenang dan terhibur.

1. Mainan kesukaan. Beri bayi Anda mainan favoritnya. Ia akan sibuk dengan mainan kesukaannya selagi popoknya diganti. Sediakan selalu beberapa mainan yang aman dimainkan, dan menarik perhatiannya setiap diganti popoknya.

2. Tali pengaman bayi. Pegang kuat dan jangan hanya memegang bayi dengan satu tangan. Gunakan tali pengikat yang aman bagi bayi di meja pengganti popok. Ingat, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian sedetik pun, meski sudah diikat tali pengaman.

3. Karpet empuk. Pasang karpet empuk di samping meja pengganti popok sebagai antisipasi seandainya bayi terjatuh, akibat menggeliat terlalu kuat.

4. Pelapis kasur. Jika bayi menggeliat terus dan Anda tak yakin bisa mengganti popoknya dengan nyaman di meja pengganti, letakkan bayi di atas kasur yang sudah dialasi perlak lalu ganti popoknya di situ.5. Alihkan perhatiannya. Jika bayi atau balita Anda menjadi sangat sulit saat popoknya diganti, coba alihkan perhatiannya dengan cara:
 - Mainkan jari Anda naik turun dari kaki ke perut bayi berulang kali.
 - Pasang lagu gembira dan gerakkan salah satu tangan anak Anda sesuai irama lagu.
 - Gantungkan cermin di dinding samping meja pengganti popok. Arahkan wajah bayi Anda ke cermin,   dia pasti akan menikmati wajahnya sendiri.
 - Goyangkan mainan dan biarkan ia meraih dan memainkannya. Tukar mainan setiap beberapa hari sekali agar bayi tidak bosan.
 - Tiuplah gelembung sabun cair menjadi balon-balon ke udara sebelum melepas popok basah untuk mengalihkan perhatian bayi.
 - Sebutkan nama-nama anggota tubuh, seperti mata, hidung, telinga, atau perut sambil menyentuhkan tangannya ke anggota tubuhnya, agar bayi tak memegang popok basahnya.
 - Mainkan ekspresi agar perhatiannya tertuju pada wajah Anda, dan bukan pada popok yang sedang dipasangkan padanya.
 - Gantungkan balon warna warni di atas meja. Jika ia terlihat bosan, gantung mainan lain yang menarik perhatiannya.
 - Pasangkan sarung tangan pada salah satu atau kedua tangan bayi Anda saat popoknya sedang digant

FOTO: GANTIPOPOK.JPG – WEBMD.COM

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!