Tuesday, 12 July 2016

Cara Mudah Agar Si Kecil Rajin Membaca

Membaca sangat penting untuk menelaah sesuatu secara kritis. Membaca buku akan membuka wawasan anak-anak, membuat mereka selalu haus akan pengetahuan dan keinginan untuk tidak berhenti belajar. Namun, apa yang  harus dilakukan jika si Kecil tidak tertarik untuk membaca? Jangan buru-buru kecewa dulu, ya, Bunda. Bisa saja ia enggan membaca karena belum bisa memahami cerita dari sebuah buku bacaan.

Umumnya, anak-anak baru bisa membaca lancar tanpa mengerti isi ceritanya. Nah, yang bisa dilakukan adalah terus membiasakan anak untuk terus membaca. Lama-kelamaan, ia akan mulai mengerti arti dari kata dan kalimat yang dibaca, sehingga bisa mulai menikmatinya. Begini caranya agar ia tertarik untuk membaca:

  • Sesuaikan buku bacaan dengan usia
    Jika masih balita, mereka akan lebih tertarik dengan buku yang banyak gambarnya. Bunda bisa memilih buku bacaan dengan gambar-gambar yang umum ia lihat, seperti hewan atau kendaraan. Jika ia sudah mengenal tokoh kartun, maka cari buku yang berisi karakter-karakter lucu.
  • Jangan batasi jenis bacaan tertentu
    Tokoh kartun atau komik dapat dengan mudah memikat minat anak-anak. Jangan buru-buru melarangnya ya, karena melalui komik atau kartun, mereka bisa lebih mudah memahami sebuah cerita. Setelah mereka bisa memahami, baru cari buku-buku cerita yang menarik sekaligus mendidik.
  • Buat suasana membaca jadi menarik
    Intonasi suara dipercaya mampu membuat sebuah cerita menjadi lebih menarik. Jadi, ajak si Kecil membaca bersama-sama. Gunakan intonasi suara dan mimik wajah yang sesuai dengan isi cerita, agar suasana membaca menjadi lebih meriah.
  • Si  Kecil tidak bisa lepas dari gadget?
    Jika si Kecil sudah terbiasa bermain game di iPad atau gadget lainnya, jangan buru-buru menyerah. Coba cari buku bacaan yang tersedia di App Store atau Play Store, beberapa tersedia secara gratis lho. Uniknya lagi, tersedia juga bacaan yang interaktif, sehingga si Kecil bisa belajar membaca sembari bermain.
Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!