Dunia Smart vidoran

Monday, 04 November 2019

Cara Yang Benar Tambah Berat Badan Bayi 12 Bulan Pertama

Salah satu ciri bayi yang sehat adalah berat badan yang terus bertambah. Untuk itu Bunda perlu waspada jika berat badan si kecil tampak tidak bertambah. Lalu bagaimana cara yang benar menambah berat bada bayi 12 bulan pertama?

Dalam www.hopkinsmedicine.org dijelaskan bahwa kadang-kadang bayi yang menyusu ASI akan mengalami kenaikan berat badan lebih lambat dari yang seharusnya. Ini bisa jadi karena ibu tidak menghasilkan cukup ASI, cara menyusu yang salah, atau bayi memiliki masalah medis.

Laman kesehatan tersebut juga menyebutkan bayi harus menyusu 8 hingga 12 kali dalam 24 jam. Bunda perlu memerhatikan tanda-tanda bayi ingin menyusu, seperti  mulutnya tampak melakukan gerakan mengisap, menggerakkan kepalanya ke kiri ke kanan, atau bayi memasukkan tangannya ke mulut.

Begitu melihat tanda-tanda itu, segera susui bayi, jangan menunggu sampai menangis. Kalau sudah sampai tahap menangis, ini berarti bayi sudah merasa frustrasi dan terkadang terlalu lelah untuk menyusu.

Lalu bagaimana cara yang benar menambah berat badan bayi 12 bulan pertama? Seorang Konsultan Laktasi Bersertifikat Dewan Internasional (IBCLC) dalam website-nya www.kellymom.com  memberi tipsnya:

  • Kenalkan MPASI

Mulai usia 6 bulan, kenalkan dengan beragam MPASI yang sesuai. Dimulai dengan makanan teksturnya halus.  Jika bayi berusia di bawah 6 bulan dan Bunda sudah memberikan makanan padat, coba hentikan atau kurangi. Sebagian besar makanan padat memiliki lebih sedikit kalori dan nutrisi daripada ASI. Semakin bertambah usianya, makanan semakin padat dan di usia 12 bulan sudah bisa dikenalkan dengan makanan keluarga.

  • Tidur bersama bayi

Tidur dekat dengan bayi juga merupakan cara benar menambah berat badan bayi 12 bulan pertama. Ini akan meningkatkan frekuensi menyusu dan meningkatkan prolaktin, hormon yang membuat produksi ASI bekerja maksimal.

  • Pijat bayi

Pijat bayi telah terbukti bisa meningkatkan sistem pencernaan dan dapat menambah berat badan bayi. Jadwalkan untuk melakukan pijat bayi dengan ahlinya atau bisa juga Bunda mempelajari teknik pijat bayi yang benar sehingga bisa melakukan sendiri di rumah.

  • Skin to skin contact

Cara yang benar menambah berat bayi 12 bulan pertama lainnya adalah dengan menggendong bayi dan melakukan skin to skin contact. Kedua hal ini telah terbukti meningkatkan penambahan berat badan Si Kecil

  • Susui bayi lebih sering

Setidaknya setiap 2 jam sekali di siang hari Bunda perlu menyusui bayi. Untuk di malam hari, minimal sekali. Sering menyusui merupakan cara yang benar untuk menambah berat badan bayi.

  • Beri kesempatan bayi selesai menyusu di setiap payudara

Saat menyusui, pastikan Bunda memberikan kesempatan pada bayi untuk menyelesaikan menyusu satu sisi payudara sebelum menawarkan sisi yang lain. Jangan khawatir jika bayi menolak “payudara kedua” karena mungkin ia sudah kenyang. Dengan sudah menyelesaikan satu sisi payudara, bayi biasanya sudah memiliki kalori yang cukup untuk sesi menyusui di jam berikutnya.

Nah, siap untuk mencoba cara yang benar menambah berat badan bayi 12 bulan pertama ini?

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!