Dunia Smart vidoran

Friday, 28 September 2018

Duh, Si Kecil Kok Sulit Konsentrasi

Konsentrasi ibarat otot yang membutuhkan latihan teratur untuk  menjadi kuat. Bila anak tampak sulit berkonsentrasi, Bunda dapat mempelajari strategi untuk membantu meningkatkan kemampuan mereka. Berikut tips untuk membantu anak membangun otot-otot konsentrasi mereka:

  1. Sisihkan waktu yang wajar untuk anak berlatih konsentrasi.

Anak usia 4-5 tahun  biasanya dapat berkonsentrasi selama 5-20 menit. Waktu untuk berkonsentrasi terhadap tugas baru yang menantang akan lebih sedikit dibandingkan waktu berkonsentrasi untuk kegiatan-kegiatan yang menyenangkan.

  1. Bagi sebuah tugas menjadi bagian-bagian yang lebih mudah.

Ini strategi untuk berlatih fokus mengerjakan tugas yang menantang, mengikat tali sepatunya, misalnya. Buatlah gol pertama untuk menguasai simpul awal, kemudian baru membuat dua lingkaran dengan tali, sampai anak tahu persis bagaimana melakukannya, dan seterusnya.

  1. Lakukan satu kegiatan pada satu waktu.

Penelitian membuktikan multitasking mengurangi konsentrasi dan mengurangi kinerja kita. Lakukan satu kegiatan dalam satu waktu terlebih dahulu.

  1. Siapkan ruangan yang tenang. 

Karena multitasking merusak konsentrasi, penting untuk mengurangi gangguan yang dapat mengalihkan focus saat anak berlatih konsentrasi. Siapkan ruangan yang tenang: matikan tv, handphone/smartphone, dan  laptop kecuali jika diperlukan untuk menyelesaikan tugas.

  1. Beri jeda beristirahat

Anak-anak perlu melakukan sesuatu yang berbeda dan tidak terlalu melelahkan setelah menghabiskan waktu berkonsentrasi. Biarkan mereka mengambil camilan atau beristirahat sejenak, dsb.

  1. Gunakan  alarm bila perlu.

Alarm membantu anak-anak mengatur diri mereka sendiri. Contoh minta anak-anak SD untuk membaca buku favoritnya selama 15 menit. Tandai dengan alarm. Lalu minta ia menulis sebanyak mungkin fakta tentang isi buku yang baru dibacanya itu.

  1. Berlatihlah mengamati hal-hal kecil.

Ajak anak melakukan permainan bergiliran melakukan pengamatan terhadap berbagai objek di ruangan atau mendengarkan sebuah lirik lagu. Lalu minta ia menuliskan pengamatannya. Yang lebih banyak menjadi juaranya.

  1. Berikan vidoran Smart

Berikan vidoran Smart yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada anak-anak untuk membantu pertumbuhan dan kemampuan belajarnya. Vidoran Smart mengandung vitamin C, vitamin B Complex dan omega 3. Tersedia dalam bentuk sirup dan tablet rasa jeruk dan strawbery yang pasti disuka anak-anak.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!