Monday, 28 May 2018

Dukung Persiapan Ujian Agar Anak Smart

Bunda, enggak terasa si kecil sudah duduk di bangku SD dan mulai menghadapi ujian ya? Pada saat-saat seperti ini anak mungkin merasa gugup, ini dapat terlihat dari perilaku mereka. Anak jadi lebih mudah tersinggung, mudah marah, gelisah, dan menampakkan minat yang kurang dalam kegiatan yang biasanya mereka nikmati.

Pada situasi seperti ini apa yang dapat dilakukan Bunda untuk membantu si kecil siap menghadapi ujian?

  • Bicarakan tentang perasaannya
  • anak untuk membicarakan tentang perasaannya secara terbuka. Bantu ia memahami bahwa dengan mengeluarkan segala unek-unek kekhawatirannya, tak hanya akan membuatnya merasa lebih lega, namun juga dapat membantunya mendapat solusi.
  • Dengarkan curhat anak
    Mendengarkannya dengan penuh empati, akan membuat anak merasa dipahami, merasa aman, dan dapat meningkatkan kembali kepercayaan dirinya. Tekankan  bahwa menjelang ujian, rasa gelisah yang mereka rasakan sepenuhnya normal.
  • Ajarkan relaksasi
    Untuk menghadapi stres yang dialami, ajarkan anak untuk menenangkan diri dengan relaksasi. Ajak ia membayangkan saat nanti mengerjakan tes, ketika rasa gelisah datang, minta ia untuk bernapas perlahan, hembuskan, tarik napas, hembuskan, sambil berdoa. Relaksasi akan membantunya mengelola kecemasan.
  • Doronglah untuk berpikir positif
  • berkata “Saya tidak bisa”, imbaulah anak untuk mengatakan, “Saya merasa sedikit gugup, tetapi saya akan mencoba yang terbaik.” Tetap tenang dan memiliki sikap positif dapat membantu mereka merasa lebih percaya diri.
  • Diskusikan pemecahan masalah
  •  tentang situasi-situasi yang mungkin muncul selama ujian dan kemudian carikan solusinya. Contoh, tanyakan hal-hal yang bisa dilakukan jika tiba-tiba mereka  seperti “membeku” dan merasa mual saat ujian dimulai. Strategi utama adalah dengan teknik relaksasi yang telah diajarkan sebelumnya, lalu mencoba fokus kembali pada ujiannya. Jika rasa mual yang dirasakan tidak hilang, minta ia untuk memanggil guru dan memberi tahu bahwa ia merasa tidak sehat.
  • Temani ketika belajar dan berikan motivasi.
  • Berikan dukungan pada anak dengan cara menemaninya belajar dan memberikan motivasi. Anak akan merasa tidak sedang berjuang sendirian kalau orangtua ada di dekatnya saat belajar untuk menghadapi ujian.Dukung potensi juara dengan minum vidoran Smart

vidoran Smart mengandung omega 3 yang terdiri dari DHA dan EPA untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar anak,vitamin B kompleks berperan dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang penting bagi perkembangan buah hati, sementara vitamin C berperan untuk daya tahan tubuhnya. vidoran Smart memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta membantu pertumbuhan dan kemampuan belajar pada anak.

 

Semoga anak lebih siap menghadapi ujiannya.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!