Tuesday, 12 July 2016

Gemar Observasi Bikin Anak Pintar

Meniru adalah hal yang selalu dilakukan anak-anak. Bak pepatah monkey see, monkey do, mereka akan meniru semua tingkah laku orang tuanya. Proses observasi ini membuat si Kecil belajar untuk bersikap kritis. Sifat ingin tahunya akan makin bertambah, seiring banyaknya informasi yang ia dapatkan melalui pengamatan. Melalui observasi, mereka juga bisa belajar bagaimana cara berinteraksi dengan anak lain. Dan yang tidak kalah penting, mereka akan belajar bagaimana mengambil sebuah kesimpulan, berdasarkan apa yang mereka lihat dan dengar.

Nah, agar proses pembelajaran mengarah ke hal-hal yang positif, maka sebaiknya Bunda mengetahui macam-macam observasi untuk anak.

  • Kebiasaan di rumah
    Si Kecil akan terbiasa membuang sampah di tempatnya, jika setiap hari ia melihat orang tuanya melakukan hal tersebut. Ingat ya, anak-anak cenderung meniru semua yang dilakukan ayah dan bundanya.
  • Kegiatan jual beli
    Saat berbelanja di pasar atau warung, si kecil akan melihat transaksi jual beli. Hal ini bisa menjadi positif, jika mereka dibekali pengetahuan akan tujuan dari transaksi serta dari mana uang tersebut berasal. Melalui hal ini, mereka akan bisa menghargai nilai dari selembar uang.
  • Alam bebas
    Anak bisa belajar banyak dari alam. Dengan mengamati bagaimana seekor induk burung melindungi anak-anaknya, mereka bisa memahami tentang rasa sayang. Melihat air mengalir, mereka bisa mengetahui dari mana asal air untuk mandi dan minum.
  • Tempat pembuatan barang atau makanan
    Ajak si Kecil ke tempat-tempat pembuatan barang, seperti kerajinan tangan atau pabrik mainan. Dengan melihat proses pembuatannya, mereka bisa lebih menghargai barang yang mereka punya. Beberapa tempat makan juga menyediakan ruang khusus agar kita bisa melihat chef beraksi membuat pesanan kita. Seru lho, Bunda!
Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!