Tuesday, 02 January 2018

Ini Manfaat Tak Terduga Mendongeng Untuk Anak

Banyak manfaat tak terduga yang bisa diambil dari kegiatan mendongeng untuk anak.  Berbagai manfaat ini, ada yang bisa langsung dirasakan  pada masa kanak-kanak, ada pula yang kelak datang saat buah hati tumbuh dewasa.  Berikut manfaat mendongeng  untuk anak seperti yang dijabarkan dalam http://www.bbc.co.uk:

Cerita akan membawakan dunia bagi anak-anak.

Kebanyakan anak kecil menjalani hidup di lingkungan yang sangat terbatas. Membacakan cerita pada buah hati dapat menunjukkan mereka dunia yang begitu luas; tak hanya tempat-tempat yang jauh, orang-orang  yang luar biasa, namun juga berbagai situasi  yang dapat memperkaya dunia mereka.

Mendongeng untuk anak juga bisa menjadi cara cemerlang untuk membantu anak menjumpai berbagai situasi  yang kelak mereka harus hadapi pada kehidupan nyata. Periset telah menemukan bahwa aktivitas otak yang terjadi saat kita membaca cerita fiksi, mirip seperti saat kita mengalami situasi itu dalam kehidupan nyata.  Jadi, dengan membacakan cerita tentang suatu konflik tertentu, dapat membantu anak-anak menyelesaikan suatu masalah yang sama dalam dunia nyata.

Cerita dapat membuat anak menjadi orang yang lebih baik.

Membacakan cerita pada anak akan memengaruhi perilaku sosial mereka. Ini tentu fakta yang mengejutkan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa anak-anak yang kerap dibacakan cerita fiksi secara teratur,  dapat lebih mudah untuk memahami orang lain. Mereka menunjukkan lebih banyak empati dan memiliki kemampuan untuk memahami bahwa orang lain mempunyai pemikiran dan perasaan yang berbeda dengan mereka.

Memperkaya kosakata.

Manfaat membacakan cerita akan meningkat pesat sewaktu orangtua mengajukan pertanyaan tentang jalan cerita tersebut pada buah hati. Tanyakan saja, apakah mereka dapat mengingat apa yang terjadi dalam cerita. Atau ajukan perbincangan seperti, “Menurut Adek kenapa si kancil menipu buaya-buaya itu?” atau “Menurutmu mengapa hidung Pinokio menjadi panjang?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantu anak memikirkan dan memahami motivasi orang lain. 

Amati juga apakah buah hati mengerti arti kata-kata yang rumit. Perbendaharaan  kata baru, selain  dapat memperluas pemahaman si kecil akan cerita,  juga akan memperkaya kosakata mereka. 


 
Selamat mendongeng untuk anak!
Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!