Wednesday, 30 September 2015

Kenali Khasiat Makanan dari Warna-warninya

Supaya memiliki anak yang sehat, kuat, dan pintar, setiap orangtua pasti mengupayakan untuk selalu memberikan asupan terbaik bagi sang buah hati. Agar si kecil bisa merasakan manfaat dari pelbagai jenis vitamin, mineral dan nutrisinya, orangtua dihimbau untuk menyajikan makanan dengan warna-warni yang berbeda untuk anak mereka.

Mengapa anak harus mengonsumsi makanan yang berwarna-warni?

Dengan menyajikan beragam warna makanan dalam piring anak, secara otomatis Anda sedang memperkenalkan ragam jenis nutrisi, vitamin, dan mineral yang penting dan sangat baik bagi proses tumbuh kembang anak. Hal ini disebabkan setiap buah dan sayuran memiliki phytonutrients yang berbeda satu dengan yang lain. Jadi semakin banyak warna yang disediakan di atas piring, maka semakin banyak pula manfaat kesehatan yang bisa didapatkan si anak.

Untuk mendapatkan hasil optimal, si kecil dianjurkan mengonsumsi sedikitnya lima kelompok makanan berwarna alami setiap harinya. Berikut beberapa kelompok makanan berwarna yang bisa Anda berikan pada anak:

Merah
Manfaat: Makanan berwarna merah sangat kaya akan kandungan antioksidan, vitamin A, Vitamin E, likopen, dan asam ellagic. Si “merah” sangat baik untuk melindungi tulang rawan, jaringan otot, pembuluh darah, kesehatan jantung, dan mencegah kanker.
Nikmati manfaatnya dalam: Apel, semangka, tomat, stroberi.

Kuning dan Oranye
Manfaat: Memiliki kandungan betakaroten, kalsium, likopen, vitamin C, dan flavonoid. Nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan membuat sistem kekebalan si kecil kuat sehingga tidak mudah sakit. Tak hanya itu, makanan kuning dan oranye sangat baik untuk kesehatan kulit.
Nikmati manfaatnya dalam: Wortel, pepaya, nanas, lemon, jagung, labu, pisang, jeruk, mangga.

Hijau
Manfaat: Mengandung karotenoid, lutein, vitamin C, kalsium, folat, serat, dan beta karoten. Makanan hijau mampu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan, menjaga kesehatan mata, meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah kanker, plus menguatkan tulang dan gigi.
Nikmati manfaatnya dalam: Brokoli, apel hijau, kacang polong, paprika, kiwi, bayam, kacang hijau, sayuran hijau.

Ungu
Manfaat: Kaya akan kandungan lutein, vitamin C, serat, flavonoid. Selain bisa meningkatkan sistem kekebalan, melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, dan melindungi kesehatan mata, makanan ungu juga baik dalam mencegah terjadinya peradangan, serta melindungi sel otak sehingga membantu menjaga memori. Kandungan anthocyanin akan melindungi kerusakan sel dan menekan risiko penyakit kanker, stroke, dan jantung.
Nikmati manfaatnya dalam: Anggur, kismis, terong, blueberi.

Putih
Manfaat: Kandungan allicin yang ada dalam bawang putih berfungsi sebagai zat anti-bakteri. Makanan “putih” juga mengandung sulfur yang baik untuk menekan risiko kanker, memperkuat jaringan tulang, dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.
Nikmati manfaatnya dalam: Jamur,  pisang, kentang, jahe, kentang, kembang kol, bawang putih.


FOTO: WARNAWARNI.JPG – VIRGINPURE.COM

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!