Tuesday, 10 May 2016

Kenali Tanda-Tanda Anak Sehat

Siapa, sih, yang tak ingin memiliki anak yang sehat? Nah, Bunda, coba cek apakah si Kecil mempunyai ciri-ciri anak sehat berikut ini:

Selalu lincah dan aktif 
Dunia anak adalah dunia bermain dan bereksplorasi. Ia akan  bebas bergerak kesana kemari mengeksplorasi dunianya karena otot-otot tubuhnya yang masih lentur. Jika ia terlihat diam dan lesu, sebaiknya Bunda segera waspada.

Terlihat ceria dan bahagia
Anak yang sehat mudah sekali tersenyum dan tertawa karena merasa bahagia. Lingkungan keluarga yang memberi dukungan positif sangat mempengaruhi kondisi ini. Ia akan cepat merespon jika diajak bicara, bahkan memberi masukan yang tidak terduga.

Fisiknya sehat
Anak yang sehat memiliki ciri fisik yang baik seperti rambutnya tidak kering dan mudah rontok; gigi dan gusi tidak bermasalah; kulit bersih; kuku tidak pucat dan gampang rapuh; suhu tubuh normal (36,5ºC – 37,5ºC); mata terlihat bersinar, dan napasnya tidak bau.

Cerewet dan ingin tahu
Jangan kesal jika anak menanyakan ini dan itu. Itu salah satu tanda ia sehat dan cerdas, lho. Hati-hati saat memberikan jawaban tentang hal yang baru diketahuinya agar ia tak salah mengerti.

Punya nafsu makan yang baik
Anak yang sehat akan menyukai semua masakan yang Bunda sajikan, termasuk sayuran. Ia pun tak punya masalah dengan mengunyah. Jika ia lama mengunyah atau picky eater, sebaiknya segera konsultasikan hal ini dengan dokter anak dan ahli gizi.

Memiliki pencernaan yang sehat
Selalu sajikan makanan yang sehat dengan gizi seimbang sesuai usianya agar ia memiliki pencernaan yang sehat.

Cukup istirahat
?Pastikan anak tidur dengan cukup untuk menjaga kebugaran tubuhnya.  Jika usia anak masih balita, ia perlu tidur setidaknya 10 jam setiap hari. Hindari kebiasaan tidur larut malam. Saat tidur sel-sel saraf otak berkembang baik untuk mendukung kecerdasannya.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!