Dunia Smart vidoran

Monday, 16 July 2018

Kenali Tanda-Tanda Bayi Lelah dan Bahayanya

Apakah Bunda pernah mengalami si kecil tidur hanya 30 menit, lalu terbangun dan setelah itu rewelnya minta ampun. Jika sering terjadi, ini bisa menandakan si kecil mengalami kelelahan. Bayi yang terlalu lelah akan terlalu lelah juga untuk tidur. Bahkan jika si kecil berhasil tertidur, dia akan cepat terbangun kembali dan rewel karena berjuang untuk kembali tidur. Bayi yang kelelahan akan selalu menangis menjerit-jerit. Lebih berbahaya lagi, saking lelahnya, bayi bisa menolak makan dan menyusu.

Mungkin Bunda bertanya-tanya, bayi, kok bisa kelelahan padahal kan enggak ngapa-ngapain? Begini Bun, tanpa terasa, pada siang hari biasanya kita akan bersemangat mengajaknya  bermain sampai lupa bahwa bayi juga butuh tidur siang. Tolong selalu diingat, bayi sebenarnya memiliki waktu bangun yang singkat. Sebagai contoh, waktu terjaga bayi baru lahir hanya sekitar 45 menit sebelum mulai lelah. Sementara bayi berusia enam bulan dapat bangun selama dua jam dan anak balita dapat menghabiskan waktu lima jam bangun

Salah satu jalan untuk menghindari kelelahan pada bayi adalah dengan mengenali tanda-tandanya. Berikut ini beberapa tanda awal rasa lelah pada bayi:

1. Ekspresi wajah bayi berubah dari bahagia menjadi galak.

2. Menggosok mata, rambut, dan telinga.

3. Menguap.

4. Menghindari kontak mata, bayi menatap kosong ke atas.

5. Mengencangkan tubuh, tangannya mengepal dan kakinya tampak tegang.

6. Kehilangan minat pada mainan atau makanan favoritnya.

7. Menangis saat disusui.

8. Bayi yang lebih besar dapat membuang makanan, mainan, atau benda-benda yang ada di tangan mereka.

9. Beberapa bayi bahkan mungkin memukul.

10. Mengisap jempol.

 

Begitu Bunda menangkap tanda-tanda si kecil sudah mulai lelah, cobalah segera menidurkan bayi dengan cara yang sudah Bunda lakukan selama ini. Misal, dengan menimang-nimang bayi, saat ia mulai mengantuk taruh di boksnya hingga ia dapat tertidur.

Untuk bayi yang sudah agak besar, bawa dia menjauh dari lingkungan yang bising bila ia sudah tampak kelelahan. Matikan TV, pelankan suara saat mengobrol, dsb. Bunda dapat menyanyikan lagu pengantar tidur atau membaca buku untuk membantu menidurkannya.

 

Nah, semoga si kecil tak lagi kelelahan!

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!