Tuesday, 24 May 2016

Mari Kembangkan Imajinasi si Kecil

Jika anak berubah-ubah cita-citanya bukan berarti ia plin-plan.  Jangan dimarahi karena ia sedang asyik berimajinasi, Bunda. Biarkan saja ia menjadi apa yang dia sukai. Tugas Bunda adalah terus membuat imajinasinya melambung tinggi yang membuat ia makin semangat berkreasi. 

1. Asah lewat permainan
Ketika bermain pura-pura, balita biasanya menggunakan imajinasinya. Misalnya ia menggunakan kardus untuk istananya atau panci sebagai topi dan spatula sebagai pedangnya. Imajinasinya membuat ia merasa lebih tinggi dan kuat sehingga ia percaya diri dan merasa bebas berkreasi.

2. Bacakan dongeng atau kisah inspiratif
Biasakan membacakan dongeng sebelum tidur. Gunakan nada suara atau intonasi yang berbeda untuk membangunkan imajinasi anak. Bunda juga bisa membelikannya buku mengenai tokoh inspiratif atau profesi. Biarkan dan dengarkan ketika ia menceritakan imajinasinya menjadi tokoh tersebut. 

3. Beri kebebasan bercerita
Jangan buru-buru menyela jika anak sedang asyik bercerita. Dorong dia dengan memberi tanggapan positif sehingga imajinasinya makin melambung. 

4. Sediakan fasilitas pendukung
Misalnya sediakan alat gambar dan biarkan anak  menuangkan imajinasinya lewat gambar.  Ayah dan Bunda bisa memancingnya dengan cara seperti membuat dua bulatan kecil dan minta anak menebak ini gambar apa. Kegiatan ini   akan  merangsang kemampuan spasial atau bentuk dan ruang.

5. Bermain peran
Dalam imajinasinya yang tak terbatas, anak bisa menjadi apa saja. Bermain peran akan membuat anak makin kreatif. Buatlah tema bergantian agar anak tidak bosan. Misalnya saja tema bajak laut. Anak boleh mengundang teman-temannya. Sediakan kostum dari benda sekitar, seperti kardus sebagai kapal atau box mainan sebagai wadah harta karun terpendam. 

Yuk, kembangkan daya imajinasi si Kecil agar ia makin kreatif!

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!