Tuesday, 31 January 2017

Menerapkan Disiplin pada Si Kecil Saat Bermain Gadget

Hadirnya teknologi memberikan kesempatan pada anak untuk belajar dan beradaptasi dengan dunia digital secara lebih mudah dan cepat.  Namun peran Anda sebenarnya adalah mengontrol serta melindungi mereka agar terhindar dari risiko kecanduan serta mengalami efek negatif lainnya dengan cara menerapkan disiplin sejak dini pada anak.

Disiplin bukan berarti Anda harus galak terhadap si Kecil, lho… berlakukan aturan dengan tegas tetapi tidak memarahi si Kecil. Tekankan bahwa hal ini Anda lakukan untuk kebaikan dirinya, bukan karena Anda tak menyayangi si Kecil. Cobalah untuk menerapkannya dengan aturan-aturan semacam ini :

  • Terapkan sistem reward and punishment
    Jika Anda sudah menerapkan aturan yang jelas perihal penggunaan gadget, Anda bisa menerapkan sistem reward dan punishment pada anak. Beri hadiah sederhana, jika anak bisa disiplin dengan aturan yang dibuat, dan berikan hukuman yang ringan untuk membuatnya jera, jika anak melanggar aturan yang telah dibuat dan disepakati bersama.
  • Tetapkan zona gadget free
    Buat kebiasaan menjauhkan gadget pada saat ada kegiatan bersama keluarga. Lepaskan gadget dari genggaman terutama pada ruangan keluarga dan ruang makan agar waktu kebersamaan anak dan orang tua tidak terganggu. Jika Anda ingin si Kecil disiplin, Anda pun diharapkan menerapkan aturan kedisplinan yang sama pada diri sendiri karena pada umumnya anak-anak meniru perilaku orangtua.
  • Dampingi dan awasi anak
    Memperbolehkan anak bermain gadget, bukan berarti kita melepas mereka tanpa pengawasan. Sebagai orangtua, Anda wajib mendampingi, bahkan jika perlu lakukan kegiatan bersama dengan gadget tersebut. Lakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala terhadap gadget milik anak-anak untuk mencegah mereka menggunakan gadget untuk hal-hal yang kurang baik atau tidak sesuai dengan umur dengan memperhatikan konten-konten yang ada pada gadget.
  • Aktifkan fitur Parental Control & Child Lock pada gadget
    Pastikan gadget yang Anda berikan pada anak memiliki fitur Parental Control & Child Lock. Jika memungkinkan, pisahkan gadget pribadi Anda dan berikan gadget yang tidak terlalu canggih khusus untuk anak. Pilih game atau aplikasi yang aman serta tidak membutuhkan koneksi internet. Hal ini diharapkan agar perhatian anak tidak tersita penuh pada gadget sehingga dirinya dapat lebih bijak, menghargai waktu, serta memiliki prioritas pada tugas dan tanggung jawabnya.
  • Buat batasan
    Terkadang, pada saat liburan dan akhir pekan, orangtua memperbolahkan anak-anak bermain gadget lebih lama, namun ada baiknya penggunaan gadget dibatasi maksimal 1-2 jam per harinya. Buat aturan agar anak tidak menggunakan gadget pada saat melakukan aktivitas seperti makan, BAK/BAB, dan tidur. Biarkan anak-anak tumbuh secara optimal dengan menghabiskan waktu lebih banyak tanpa bergantung pada gadget.
Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!