Monday, 10 October 2016

Mengapa Kedisiplinan Harus Diajarkan Sejak Dini?

Si Kecil butuh ruang yang sangat besar untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Itu sebabnya, ia mudah merasa bosan jika seharian harus terus-terusan berada di dalam rumah. Namun, sebelum ia bisa dilepas untuk beraktivitas di luar rumah, ada baiknya Bunda membekalinya dengan kebiasaan disiplin.

Disiplin adalah salah satu cara agar si Kecil bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Jika mereka sudah terbiasa bersikap disiplin di rumah, maka Bunda bisa lebih tenang dan tidak khawatir saat ia beraktivitas di luar rumah, misalnya di sekolah, di taman bermain, atau saat berkunjung ke rumah temannya.

Manfaat Disiplin
Salah satu bentuk disiplin yang Bunda ajarkan kepada anak saat ia beraktivitas di luar rumah adalah mematuhi batasan waktu dan mengetahui ekspektasi Bunda untuk ia pulang ke rumah tanpa mampir. Ini memang bukan soal yang mudah, karena si Kecil bisa lupa waktu jika sudah bermain dengan teman-temannya.

Anak yang terbiasa disiplin juga bisa memberi pengaruh yang baik saat ia berada di sekolah. Misalnya, si Kecil tidak akan telat masuk ke kelas karena asyik bermain. Selain itu, ia akan lebih mudah menerima pelajaran dari guru, karena mereka tahu kapan harus siap untuk belajar.

Contoh Disiplin

Berikut beberapa contoh disiplin yang dapat Bunda terapkan kepada si Kecil saat ia berada di luar rumah:

  • Mematuhi aturan yang berlaku. Jika ia terbiasa untuk mematuhi aturan yang Bunda terapkan, maka si Kecil bisa dengan mudah mematuhi aturan yang berlaku di sekolah juga di tempat lain.
  • Memberi batasan waktu. Si Kecil jadi terbiasa untuk pulang bermain pada waktu yang ditentukan. Selain itu, ia juga tidak tergoda untuk singgah di sana-sini saat pulang sekolah karena tahu bahwa Bunda sudah menunggunya di rumah.
  • Membiasakan si Kecil untuk merapikan barang-barangnya setelah digunakan. Bentuk disiplin ini membantunya agar buku-buku dan alat tulisnya tidak tercecer di kelas, atau mainannya tertinggal di rumah teman saat bermain di sana.
Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!