Thursday, 05 March 2015

Mengasah Keterampilan Berbahasa Si Kecil

Di masa 1—3 tahun, anak sedang mengembangkan kemampuan bicaranya. Di usia 12—18 bulan, biasanya anak sudah jelas mengucapkan kata seperti ”Mama” atau ”Papa”. Tentu guru terbaik agar anak lancar bicara adalah orangtua di rumah. Sebab, sebagian besar waktu anak bersama orangtua.

Ajak anak mengobrol dalam setiap kesempatan, saat ia mandi, perkenalkan anggota tubuhnya, saat bermain jelaskan berbagai mainan yang ada, dan sebagainya. Dengan banyak mengajak anak bicara, makin banyak kosakata yang akan diingatnya. Cara lainnya?

  • Pastikan anak hanya mendengar kata-kata positif. Meski ia belum mengerti maknanya saat ini, namun ketika kemampuan berbahasanya semakin baik, anak akan mengekspresikan kata-kata yang ia telah ia pelajari sebelumnya.
  • Bercerita.  Jadikan anak pendengar yang baik, sedangkan orangtua pembicaranya. Ceritakan kegiatan sehari-hari orangtua, saat di kantor, ketika berbelanja, naik angkutan umum, dan sebagainya.
  • Kenalkan kata-kata baru dengan berbagai aktivitas menyenangkan.  Nama buah-buahan saat membuat jus, aneka hewan saat menggambar, dan lainnya.
  • Mendongeng. Ya aktivitas satu ini bisa merangsang berbagai kecerdasan anak, termasuk kemampuan bicaranya. Ceritakan dongeng sarat dengan nilai-nilai positif pada anak. Lakukan dengan kreatif, entah dengan membacakan cerita, mendongeng lewat boneka, dan sebagainya, sehingga anak tertarik untuk menyimaknya.

Selamat mencoba, semoga kemampuan bicara anak berkembang optimal.

 

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!