Dunia Smart vidoran

Thursday, 31 May 2018

Mengenalkan MPASI pada Bayi

Bunda tentu telah banyak membaca tentang cara pemberian MPASI. Namun ternyata praktek tidak semudah teori, ya Bun? Karena si kecil susah banget saat disuapi makanan padat pertamanya, dilepeh terus…. Apakah ini wajar? Sebenarnya Bun, kejadian ini biasa, kok. Jika ia melepeh, tak perlu dipaksa, namun coba lagi satu atau dua minggu dengan makanan yang berbeda. Menurut situs babycenter.com beberapa bayi mungkin menolak makanan padat sampai usia 8-9 bulan atau bahkan lebih lama.

 Jangan dilupakan juga, tak perlu menargetkan satu mangkuk bubur harus habis,  namanya juga pengenalan, beberapa suap sekali sehari sudah cukup, baru setelah itu, jumlah suapan bertahap ditingkatkan. Pada saat ini, bayi tetap perlu mendapat ASI sesering mungkin.

Nah, berikut tips memberi bayi makanan padat pertamanya:

  • Sekali lagi, untuk awalnya berikan MPASI sedikit saja, mulailah dengan seujung sendok. Suapi si kecil sambil membujuknya “Hmmm, enaknya nyam nyam nyam…”.
  • Mungkin bayi tidak tahu apa yang harus dilakukan saat makanan sudah berada dalam mulutnya. Dia bisa terlihat bingung, mengemut atau bahkan melepehnya.
  • Untuk mencegah bayi frustrasi karena lapar (ingat dia masih baru belajar mengunyah dan menelan), selingi pemberian makannya dengan ASI, seujung sendok bubur, kemudian beralih ke sesendok ASI, kembali ke bubur, lalu ASI, dst.
  • Jangan kaget jika sebagian besar dari pemberian makanan padat pertama berakhir di wajah, tangan, dan mulut bayi.
  • Tingkatkan jumlah makanan secara bertahap. Ingat ya Bun, hanya sekitar satu atau dua sendok teh saat memulai. Ini memberi kesempatan pada bayi untuk belajar mengunyah dan menelan.
  • Jangan memaksa bayi untuk tetap makan jika ia menangis atau membalikkan badan saat kita mencoba menyuapinya.  Kembalilah ke menyusui untuk beberapa saat sebelum mencoba lagi.

Mohon untuk diingat, setiap bayi berbeda, sehingga kesiapan untuk memulai makanan padat pun akan bervariasi. Pada saat ini yang paling dibutuhkan bayi adalah kesabaran dan ketelatenan Bunda.  Selamat mencoba!

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!