Thursday, 31 March 2016

Nutrisi Tepat, Gigi Anak Kuat

Deretan gigi yang sehat membuat senyum anak jadi lebih manis. Gigi dan gusi anak yang sehat juga berpengaruh pada keseluruhan kesehatan tubuhnya. Meski gigi balita belum permanen, asupan nutrisi dan vitamin tetap perlu diperhatikan. Karena pertumbuhan gigi permanen dipengaruhi oleh bagus tidaknya kondisi gigi susu.

Ada beberapa vitamin dan mineral yang perlu dicukupi asupannya pada si kecil, yaitu:

Vitamin D
Merupakan vitamin yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D juga membantu penyerapan berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Sumber vitamin D terdapat pada ikan salmon, margarin dan kuning telur.

Kalsium
Dengan bantuan vitamin D, kalsium akan lebih mudah diserap tubuh dan bermanfaat bagi pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat. Kalsium juga berperan dalam pembekuan darah dan mengubah zat makanan menjadi energi. Kalsium banyak ditemukan dalam bahan makanan seperti keju, susu, yogurt dan sayuran hijau.

Flour
Flour berperan dalam memerangi karies yang menyebabkan gigi berlubang. Berikan buah hati Anda makanan yang berasal dari sayur-sayuran, ikan, daging, teh dan buah-buahan agar kebutuhan flour tercukupi.

Fosfor
Kebutuhan tubuh akan fosfor satu setengah kali lebih banyak daripada kebutuhan akan kalsium. Asupan fosfor bisa dipenuhi dengan mengonsumsi daging, hati, ikan, telur, susu dan kacang-kacangan.

Vitamin C
Peran vitamin C juga penting bagi kesehatan gigi anak karena vitamin C dapat membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk, mangga, kiwi dan pepaya.

Vitamin A
Vitamin A berfungsi sebagai pembentuk lapisan enamel pada gigi. Enamel akan melapisi dan melindungi gigi dari kerusakan. Vitamin A dapat ditemukan dalam bahan makanan seperti telur, hati, susu, mentega, keju dan ubi jalar.

Berikan makanan bergizi yang mengandung vitamin dan nutrisi tersebut untuk menunjang pertumbuhan gigi yang kuat anak Anda.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!