Monday, 10 October 2016

Pentingnya Mengajarkan Disiplin di Rumah

Mengajarkan disiplin kepada anak memang bukan tugas yang mudah. Tapi, ini sangat perlu dilakukan, lho, Bunda. Kebiasaan disiplin sejak kecil akan memengaruhi hidup anak nantinya. Ia akan bisa menahan diri dan menghargai orang lain, serta tahu mana yang benar dan salah.

Meski ada orangtua yang beranggapan bahwa disiplin dapat mengurangi kreativitas si Kecil, namun bila diajarkan dengan tepat, maka dua hal tersebut dapat jalan berdampingan. Namun tentunya, Bunda harus selektif memilih jenis disiplin yang diajarkan kepada anak sesuai dengan kelompok usianya.

Pendidikan disiplin si Kecil sebaiknya dimulai dari rumah, dengan Ayah dan Bunda sebagai pendidiknya. Jika anak sudah terbiasa disiplin di rumah, maka hal ini akan terbawa saat ia beraktivitas di luar rumah, seperti di sekolah, rumah teman, sampai di mal.

Berikut beberapa bentuk disiplin yang bisa Bunda ajarkan kepada si Kecil sejak awal:

  • Merapikan tempat tidur dan mainan. Saat bangun tidur, Bunda ajak si Kecil untuk menata bantal dan guling dengan rapi. Jelaskan bahwa jika tempat tidur rapi, ia akan merasa nyaman saat hendak memakainya saat akan tidur nanti.
  • Selesai bermain, ajak untuk merapikan mainan ke tempatnya semula. Beri tahu bahwa jika mainan tertata rapi, ia akan mudah mencarinya jika nanti ingin bermain lagi.
  • Membuang sampah. Tak hanya terlihat jorok, sampah juga berbahaya bagi kesehatan. Itu sebabnya, biasakan mengajarkan buang sampah di tempat yang benar.
  • Menonton hiburan. Si Kecil bisa lupa waktu bila sudah bermain game atau menonton kartun di televisi. Bunda bisa memberi ia pengertian bahwa kesehatannya bisa terganggu jika terlalu lama menonton televisi atau menatap layar tablet. Selain itu, beri batasan waktu untuk menonton TV dan bermain game sesuai kesepakatan.
Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!