Wednesday, 26 September 2018

Plus Minus dan Manfaat Bermain Squishy

Squishy adalah mainan pelepas stres yang populer. Beberapa orang sering merasa lebih tenang ketika mereka meremas-remas mainan empuk itu. Terkadang, squishy juga mengeluarkan aroma sesuai bentuknya. Squishy berbentuk stroberi akan mengeluarkan aroma stroberi, bentuk orange mengeluarkan aroma jeruk segar, dsb. Aromanya ini juga dianggap dapat meningkatkan efek relaksasi.

Tidak ada cara khusus untuk memainkan squishy,  namun umumnya diremas secara perlahan. Saat melihat squishy mengembang ke bentuk semula itulah yang dipercaya orang dapat menjadi pereda stres. Melakukannya berulang-ulang bisa membuat orang sangat rileks.

Meski squishy begitu menyenangkannya, namun saat bermain squishy si kecil tetap perlu diawasi. Squishy juga bukan mainan untuk bayi dan batita karena ada kecenderungan mereka akan memasukkan semua benda ke dalam mulut. Amat disarankan, sebelum memberikan mainan apa pun pada si kecil, mohon dilihat peruntukan usia pada kemasannya.

Pada anak-anak yang lebih besar usia 4 tahun ke atas, tekankan beberapa hal ini saat mereka bermain squishy:

Tidak  memakannya

 Beberapa squishy terlihat lezat, aromanya juga menggoda. Ini bisa membuat anak penasaran untuk memakannya. Tegaskan squishy dimaksudkan hanya untuk diremas, tidak untuk dimakan. Hanya karena terlihat enak dan aromanya menggoda bukan berarti itu harus masuk ke dalam mulut.

Jangan merebusnya

Mainan anak-anak umumnya direbus untuk menjaga kebersihannya. Namun ini tidak berlaku untuk squishy. Bahannya akan menjadi lengket dan meleleh saat terkena panas. Jadi bagaimana membersihkannya? Cukup dicuci dengan sabun dan dibilas air keran dingin.

Tak perlu meremas terlalu kuat

Sebuah penelitian yang dilakukan dua ahli psikologi Yale University menjelaskan saat kita melihat sesuatu yang imut ternyata itu akan memunculkan sisi agresif kita. Fenomena ini disebut agresi imut. Bukan karena niat buruk, kata para peneliti, melainkan sebagai tindakan perlindungan atau perasaan bahagia. Meremas-remas squishy kuat-kuat  mungkin tidak akan menyakiti anak, namun membuat squishy cepat rusak.

 

Referensi: https://medium.com/

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!