Dunia Smart vidoran

Wednesday, 04 November 2015

Solusi Cerdas Mengatasi Anak Susah Makan

untuk memastikan asupan sehat anak tercukupi dengan baik, tak jarang orangtua memaksa si kecil untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, atau harus menghabiskan semua makanan yang ada di piring mereka. lalu, apakah kebiasaan itu baik untuk si kecil?

mungkin para orangtua berpikir, dengan memaksa anak untuk mengonsumsi sayuran atau menghabiskan makanan di piring, lama-kelamaan si kecil akan terbiasa dan suka pada makanan tersebut. padahal menurut para ahli, kebiasaan ini dapat meninggalkan “jejak” yang tidak baik bagi si anak selama bertahun-tahun, bahkan setelah anak dewasa kelak. 

ada beberapa dampak buruk yang dapat muncul jika anda suka memaksa si kecil untuk makan makanan tertentu:

kebiasaan memaksa anak makan makanan tertentu yang tidak mereka kehendaki akan cenderung membuat anak tumbuh dengan pola makan yang berlebihan atau malah kurang.

meningkatnya risiko kelainan pola makan, seperti anoreksia atau bulimia ketika mereka dewasa nanti.

karena sudah terbiasa diatur orangtua, ketika sudah dewasa anak menjadi sulit untuk mengendalikan pola makan mereka sendiri. sehingga risiko obesitas menjadi meningkat.

anak yang tidak diperbolehkan mengontrol pola makan mereka punya kecenderungan untuk tertarik pada makanan yang manis-manis.

memaksa anak makan akan merusak selera makan alami mereka. selain itu membuat mereka menjadi trauma dengan jam makan.

tindakan memaksa untuk makan lebih banyak malah bisa membuat anak menjadi membenci makanan. 
                                 

agar anda tidak perlu memaksa si kecil makan, ada beberapa tip yang bisa dicoba:

biasakan untuk mengonsumsi menu makanan yang sama dengan si kecil.

sajikan menu makan sehat saja di rumah, dan pupuklah rasa sabar. karena si kecil butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan makanan baru.

jika anak anda mudah teralihkan perhatiannya, alihkan kembali perhatian mereka pada makanan secara perlahan.

beri anak waktu mengembangkan kemampuan mereka menoleransi rasa, mendengarkan apa kata orangtua, dan mempercayainya. 

agar suka makan, maka anda juga perlu menghadirkan suasana makan yang mampu menggugah nafsu makan mereka.  biasakan untuk membuat suasana makan yang santai, namun tidak sambil bermain. mengapa? supaya si kecil tidak asal-asal menelan, tapi menikmati suapan demi suapan dengan baik. 

jika anak memang tidak mau makan, jangan dipaksa. lebih baik tunggu saja sampai rasa lapar mereka muncul. ini akan membuat anak meminta makan sendiri.

foto: todaysparent.com

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!