Tuesday, 03 May 2016

Sudah Besar Kok, Masih Ngompol?

Mengompol sesungguhnya bukanlah kesalahan anak. Karenanya,  sebaiknya Anda tidak langsung memarahi dan menghukum anak apabila mengompol. Cari tahu penyebabnya dan cara mengatasinya dengan benar.

Menurut penelitian, beberapa penyebab anak mengompol di antaranya adalah adanya gejala penyakit misalnya infeksi pada saluran kencing dan gangguan system syaraf hingga adanya tekanan psikologis yang dialami si Kecil. Penyebab lain juga adalah anak belum mampu menahan air seni di kandung kemih atau tidak menyadari kebutuhannya untuk bangun dari tidur dan segera pergi ke kamar mandi, belum terbiasa pergi ke toilet sendiri karena biasanya selalu dibantu oleh Anda dan pengasuhnya. Letak kamar kecil yang terlalu jauh atau gelap juga membuat si Kecil merasa takut pergi sendirian.

Cara mengatasi masalah si Kecil yang masih mengompol :
1. Ingatkan anak bahwa mengompol akan menyebabkannya merasa tidak nyaman karena baju, celana, kaki, dan tempat tidurnya basah.
2. Lakukan toilet training untuk membiasakannya pergi ke kamar mandi pada waktunya.
3. Jangan mempermalukan anak Anda dengan memberitahukan kebiasaan mengompolnya di depan orang lain.
4. Ajak anak ke toilet dan buang air kecil beberapa saat sebelum waktu tidur.
5. Hindari memberi anak minuman yang dapat merangsang produksi air seni, seperti teh maupun minuman bersoda.

Bunda, yang terpenting adalah beri dukungan kepada si Kecil untuk membuatnya percaya diri dan mampu mengatasi masalah tersebut.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!