Friday, 31 July 2015

Tanda-tanda Si Kecil Miliki Saluran Cerna yang Sehat

Saluran cerna yang sehat merupakan salah satu kunci untuk menentukan kualitas pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Pasalnya, saluran cerna merupakan organ imunitas terbesar dan memiliki berbagai fungsi penting, di antaranya sebagai pengolah gizi, penunjang tumbuh kembang anak, serta berperan penting dalam pertumbuhan otak anak. Terkait saluran cerna yang sehat dengan pertumbuhan otak, DR Dr Ahmad Suryawan, SpA (K) mengungkapkan sebuah konsep yang disebut Gut-Brain Axis, di mana saluran cerna dan otak secara aktif melakukan komunikasi dua arah.  
"Saluran cerna yang sehat akan mengirimkan sinyal positif, sehingga dapat memengaruhi perkembangan otak. Begitu pula sebaliknya, sinyal yang dikirimkan otak akan memengaruhi komposisi mikrobiota yang terdapat dalam saluran cerna, sehingga berdampak pada proses penyerapan nutrisi," papar dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini.

Hingga saat ini apa yang ada dan terjadi di dalam otak manusia masih menjadi misteri. Meskipun begitu, Ahmad menjelaskan, saluran cerna yang sehat dan nyaman, yang didapat dari pemberian nutrisi yang baik sejak anak usia dini, dapat mengirimkan sinyal-sinyal yang positif kepada otak sehingga fungsi dan kerja otak menjadi lebih optimal.
Itulah mengapa saluran cerna dianggap sebagai “otak kedua” dari manusia. Dengan demikian, Ahmad menyarankan, orangtua sebaiknya tidak hanya menganggap saluran cerna si kecil sebagai otak utama dalam penyerapan nutrisi saja.
Lantas, bagaimana agar sebagai orangtua Anda bisa mengetahui bahwa si kecil memiliki saluran cerna yang sehat dan nyaman? Ini dia tanda-tandanya:

  1. Nafsu makan si kecil baik dan nutrisi terserap dengan baik di dalam tubuhnya.
  2. Jarang mengalami keluhan gangguan pencernaan, seperti gumoh (regurgitasi atau refluks), kolik, diare, konstipasi, dan lainnya.
  3. Pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan acuan yang direkomendasikan badan kesehatan. Misalnya di Indonesia, pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan kurva pada Kartu Menuju Sehat (KMS) yang biasa dibagikan di posyandu.

Dengan semua tanda di atas, itu artinya jumlah bakteri baik yang berada di dalam saluran cerna si kecil berjumlah lebih banyak dibandingkan jumlah bakteri jahatnya. Artinya, anak memiliki saluran cerna yang sehat dan nyaman.

FOTO: SALURANCERNA.JPG – NEWKIDSCENTER.COM

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!