Friday, 19 August 2016

Tantangan Si Kecil Saat Mulai Sekolah

Saat si Kecil masuk sekolah untuk pertama kalinya, banyak drama yang mengiringinya. Ketakutan saat berpisah dengan orangtua adalah hal yang biasa terjadi pada anak umur 8-14 bulan. Anak-anak sering melalui fase  "menempel" dan takut pada orang asing dan tempat baru. Orang tua perlu waspada jika anak di atas umur 6 tahun, masih rewel dan takut saat berpisah dengan orangtua. Jika hal ini berlangsung selama lebih dari 4 minggu, anak ini mungkin memiliki gangguan kecemasan pemisahan (Separation anxiety).

Beberapa anak juga mengalami gejala fisik, seperti sakit kepala atau sakit perut, saat mereka berpikir tentang perpisahan tersebut. Apabila anak memiliki kecemasan ini, hal ini dapat menjadi masalah besar. Hal ini dapat mengganggu aktivitas normal seperti pergi ke sekolah atau bermain dengan anak-anak lain.

Bagaimana agar anak sukses menjalani hari-hari pertama di sekolahnya?

1. Berikan anak ruang waktu yang lebih banyak. Misalnya membawanya datang ke sekolah lebih pagi. Ketika lebih awal datang, cenderung masih sedikit yang datang, sehingga anak mengenal teman sebayanya secara bertahap.
  
2. Ajak anak untuk mengamati beberapa teman-temannya. Lalu katakan, “Itu si A, ia sedang apa, ya?”, “Nak, anak itu sepertinya lagi main pasir. Seru, ya. Kamu mau main pasir juga?” Dari proses mengamati ini, anak belajar untuk mengenal teman-teman di sekolahnya.

   
3. Libatkan anak dengan gerombolan atau kelompok anak lain –sebisa mungkin pilih kelompok kecil, seperti yang terdiri dari 2-3 anak saja. Lebih nyaman buat anak Anda jika Anda membantunya sedikit mengenalkan dirinya pada teman-temannya.
   
4. Berikan apresiasi apabila anak menunjukkan usaha untuk bersosialisasi dengan baik. Dari pujian Anda tersebut, anak akan lebih rajin mengasah kemampuannya untuk bergaul.
   
5. Hindarilah memaksa anak untuk bergaul dengan teman-temannya secara berlebihan, seperti cepat akrab pada saat baru datang ke sekolah. Pemaksaan justru membuat anak enggan dan takut untuk bergaul.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!