Friday, 21 May 2021

Tips Berlatih Puasa Sehat untuk Anak

Apakah di Ramadan ini si Kecil mencoba berpuasa untuk pertama kalinya? Banyak anak yang ingin ikut-ikutan berpuasa, biasanya seperempat hari dulu, setengah hari, lalu setelah anak lebih besar puasa pun bisa dilakukan sehari penuh.

Bagian terpenting dalam melatih anak berpuasa adalah dengan lebih dulu menjelaskan pada si Kecil soal etiket berpuasa, seperti berperilaku yang baik saat berpuasa, membantu orang-orang membutuhkan, menghindari berbicara kasar, salat tepat waktu, dan lain sebagainya.  Karena saat bulan puasa dimulai, anak akan mengalami perubahan pola makan dan tidur, si Kecil juga perlu memahami betapa pentingnya makan pada saat sahur dan buka puasa.

Nah, untuk memudahkan anak-anak beradaptasi dengan puasa pertamanya ini  berikut tips berlatih puasa sehat untuk anak:

1. Berikan penjelasan makna puasa

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, Bunda perlu memberikan penjelasan tentang makna puasa pada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti. Anak-anak harusnya tidak kesulitan, karena umumnya sudah mendapat gambaran tentang puasa Ramadhan yang dicontohkan orang tua selama ini.

2. Berlatih secara bertahap

Latih secara bertahap. Mulai dengan berbuka saat azan Zuhur atau yang sering disebut puasa beduk, lalu terus meningkat sampai bisa puasa penuh sampai Magrib.

3. Menyediakan menu buka dan sahur favorit

Sediakan menu sahur dan buka favoritnya supaya anak bersemangat. Tanyakan apa yang diinginkan. Libatkan anak saat menyiapkan menu buka favoritnya.

Baca JugaPerhatikan 5 Tanda Anak Kurang Gizi dan Cara Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Balita

4. Nutrisi harus tercukupi

Menu sahur dan buka harus memenuhi kebutuhan gizi seimbang.  Menu sahur terdiri dari karbohidrat, diutamakan karbohidrat kompleks. Perbanyak sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat selama berpuasa. Lauk pauk kaya protein untuk sahur juga terbilang penting, contohnya adalah ikan, ayam, atau telur.

Saat berbuka puasa sebaiknya makan secara bertahap. Diawali dengan takjil, setelah diberi jeda, baru makan lengkap. Sebaiknya saat berbuka anak tidak makan berlebihan.

5. Sediakan segelas susu saat sahur dan buka

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi selama seharian berpuasa, selalu sediakan segelas susu vidoran Xmart 5+. Susu vidoran Xmart 5+ kini dengan Formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, tinggi Vitamin C, D3, E, Zinc, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Zat Besi, Protein, dan vitamin B kompleks yang tidak hanya untuk memenuhi nutrisi hariannya, tapi juga untuk dukung daya tahan tubuh dan ide-ide hebatnya selama puasa.

Baca Juga: Kreasi Resep Hari Raya Untuk Si Kecil Yang Tidak Cocok Susu Sapi

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!