Thursday, 27 May 2021

Tips Kegiatan Seru Merayakan Ramadan di Rumah untuk Si Kecil

Puasa Ramadan selalu menjadi momen yang dinantikan-nantikan oleh si Kecil. Hanya saja di tahun ini, masih sulit untuk si Kecil untuk ngabuburit di luar rumah karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Lalu bagaimana agar anak-anak dapat tetap memiliki kegiatan seru meski harus ngabuburit di rumah?  Bunda dapat mencoba tips-tips di bawah ini:

  • Buat daftar perbuatan baik

Minta anak untuk membuat daftar perbuatan baik. Diskusikan bahwa momen berpuasa merupakan kesempatan untuk mempraktikkan kebajikan, seperti pengendalian diri, kemurahan hati, dan penghargaan pada agama lain yang tidak berpuasa. Beri beberapa contoh perbuatan baikyang sederhana, seperti membantu menyiapkan buka puasa, selalu berlaku sopan pada orang lain, menyisihkan uang sakunya untuk anak-anak yang kurang beruntung, dan sebagainya.

  • Menulis khotbah tentang Ramadan

Untuk si Kecil yang sudah duduk di bangku SD, mereka biasanya sudah bisa diajak untuk belajar menulis khotbah. Kegiatan ini akan memberdayakan mereka untuk berpikir tentang masalah yang lebih besar. Biarkan anak mengungkapkan berbagai pikirannya sehingga Bunda juga bisa melihat sejauh mana pengetahuan mereka.

Baca Juga: Tips Berlatih Puasa Sehat untuk Anak

  • Libatkan dalam persiapan makan sahur dan berbuka

Melibatkan si Kecil untuk menyiapkan makan sahur dan berbuka saat Ramadan bisa menjadi kegembiraan tersendiri bagi mereka. Perkenalkan resep-resep tradisional khas bulan Ramadan. Bunda juga bisa menceritakan kisah Bunda saat kecil dulu setiap Ramadan tiba. Momen ini akan menjadi kenangan indah bagi si Kecil saat besar nanti.

  • Tanamkan nilai-nilai Ramadan

Ajak si Kecil dan seluruh keluarga untuk bersedekah dengan menyisihkan sebagian uang sakunya di awal bulan Ramadan. Siapkan toples khusus untuk itu. Jadilah panutan dengan memasukkan uang setiap hari ke dalam toples. Kemudian, di akhir Ramadhan, gunakan uang tersebut untuk membeli makanan untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan.  

Semoga beberapa ide di atas akan membuat Ramadan lebih spesial di tahun ini. Jangan lupa selalu #MulaiDenganvidoran Xmart 5+ 2x sehari saat sahur dan berbuka untuk menyempurnakan gizi si Kecil saat berpuasa. vidoran Xmart 5+ kini dengan Formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, tinggi Vitamin C, D3, E, Zinc, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Zat Besi, Protein, dan vitamin B kompleks yang tidak hanya untuk memenuhi nutrisi hariannya, tapi juga untuk dukung daya tahan tubuh dan ide-ide hebatnya selama puasa.

Baca Juga: Iming-iming Hadiah Berpuasa Perlu, Tapi Ada Syaratnya

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!