Wednesday, 30 September 2015

Tren Playdate Kenali Manfaatnya untuk Ibu dan Anak

Mengasuh anak batita memang bukan pekerjaan mudah. Energi mereka yang luar biasa membuat tenaga Anda terkuras habis. Jika Anda merasa kelelahan dan butuh suasana baru, coba jadwalkan playdate. Playdate, atau bermain bersama anak-anak keluarga lain, bisa menjadi kesempatan bagi anak untuk memelajari keterampilan sosial dan mendapatkan teman-teman baru. Namun dari playdate, para ibu juga akan mendapatkan manfaat yang tak kalah penting.

Berikut enam alasan mengapa playdate bermanfaat untuk ibu dan anak menurut Dr. Gail Gross,  PhD, pakar Perilaku Manusia, Pengasuhan Anak, dan Pendidikan:

Mengasah kemampuan parenting. Anak menjadi rewel ketika mengantuk? Atau suka memukul ketika diberi nasihat? Pasti ada ibu-ibu lain dalam kelompok playdate yang memiliki pengalaman yang sama, dan bisa menawarkan solusi berdasarkan pengalamannya. Memang tidak selalu berhasil, tapi setidaknya saran itu bisa Anda coba. Untuk anak: "Anak-anak akan sangat menikmati waktu bermain dengan teman sebayanya. Lebih dari itu, kegiatan ini membuatnya berlatih bertemu dan bergaul dengan orang lain," kata Roberta Michnick Golinkoff, PhD, penulis A Mandate for Playful Learning in Preschool.

Bersosialisasi. Playdate juga menjadi peluang bagi Anda untuk membina pertemanan dan berbincang mengenai hal-hal lain yang menjadi minat Anda. Entah itu tentang novel dan film terbaru, masalah keuangan, politik, bisnis; apa pun yang bisa membuat Anda bebas dari pembicaraan tentang jadwal tidur atau sulitnya membuat anak makan sayur. Untuk anak: Selain belajar berteman, ketika bermain mereka juga belajar berbagi, belajar menghargai, bahkan belajar menjadi pemimpin!

Kesempatan untuk berolahraga.  Ketika Anda menjadi seorang ibu, biasanya olahraga sudah tidak lagi menjadi prioritas. Padahal ketika Anda memiliki batita, saat itulah Anda justru harus memiliki tubuh yang bugar sehingga mampu mengimbangi energinya yang besar. Playdate pasti membuat Anda harus banyak jalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang. Hal-hal itu bahkan bisa Anda lakukan sambil berbincang mengenai hal-hal lain yang menarik minat Anda. Untuk anak: Mereka juga akan menjadi lebih aktif bergerak karena permainan dilakukan bersama anak-anak lain.

Mendapatkan pengakuan. Tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua, dan karenanya tidak ada ijazah atau penghargaan karena Anda menjadi ibu yang baik. Tetapi dengan mengikuti playdate, akan selalu ada pujian, pengakuan, atau dorongan semangat dari peserta lain bahwa Anda ibu yang hebat.  Untuk anak: Dari teman-temannya, anak juga akan memelajari kebiasaan baik atau ketrampilan lain yang memotivasinya untuk berusaha lebih baik.

Mengurangi stres.  Playdate membantu Anda mengurangi stres. Kegiatan ini mengharuskan Anda keluar dari rumah, berpakaian menarik, bertemu ibu-ibu lain dengan pengalaman yang sama, berolahraga, hingga mengikuti berita-berita mutakhir, sehingga Anda menjadi lebih rileks. Untuk anak: Dengan ibu yang lebih rileks, anak-anak dapat bermain dengan gembira. Tidak heran jika mereka pun menjadi bahagia setiap kali melakukan aktivitas ini.

FOTO: PLAYDATE.JPG – SHEKNOWS.COM

 

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!