Wednesday, 30 September 2015

Yuk Berikan Mainan Edukatif untuk Anak

Orangtua tentu tahu bahwa mainan tertentu bisa membantu mengembangkan kemampuan motorik, mengasah memori, rasa ingin tahu, dan menjadi media pembelajaran bagi si kecil. Lalu mainan edukatif apa yang pas untuk anak Anda? Berikut empat kategori mainan edukatif menurut situs Lakeside yang bisa jadi acuan:

#1 Mainan Edukatif Dasar
Mainan pengenalan warna dan bentuk merupakan salah satu jalan terbaik untuk memulai proses belajar bagi si kecil. Minta si kecil menebak jam, juga merupakan permainan yang mendidik. Dari permainan ini, Anda secara otomatis juga mengajarkan mereka untuk menghargai waktu.

#2 Mainan Bersifat Konstruktif
Mainan menyusun blok atau robot akan mengajarkan si kecil kesabaran dan cara merencanakan sesuatu, sekaligus mengasah kemampuan motorik mereka. Jika mainan kategori ini juga memasukkan unsur mewarnai dan mendekorasi, maka si kecil juga akan mendapatkan bonus manfaat. Yaitu mengasah kreativitas mereka.

#3 Mainan Seni
Setiap orang memiliki sisi artistik masing-masing, tapi tidak semua anak memiliki kesempatan untuk membuat sisi seni mereka berkembang. Salah satu penyebabnya, anak akan menyerah ketika mereka merasa frustrasi karena tidak bisa menggambar atau membuat keterampilan yang hasilnya sesuai dengan yang dia bayangkan.

Memberikan peralatan kesenian yang ada petunjuknya atau buku menggambar, mampu mengajarkan anak akan nilai-nilai dasar dari seni. Sehingga si kecil bisa lebih berkembang dan mampu mengekspresikan diri dengan baik.

#4 Mainan Berbau Teknologi
Di era modern kini, anak sudah sangat dekat dengan teknologi. Ada banyak aplikasi yang bisa diunduh orangtua untuk mengasah kemampuan motorik si kecil. Tapi, usahakan untuk mengunduh aplikasi permainan yang memang ditujukan untuk usia anak Anda. Jangan lupa, batasi dan awasi penggunaan gadget pada anak.

FOTO: MAINAN EDUKATIF.JPG -– SHEKNOWS

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!