Dunia Smart vidoran

SMARTPEDIA

Yuk jelajahi indahnya dunia bawah laut dengan keaneka ragaman flora dan faunanya! Mulai dari pantai hingga perairan laut dalam, mari kita bertualang!

"Siapa yang suka main di pantai? Pantai jadi tempat paling seru untuk bermain dan belajar lho! Kamu bisa berlomba membuat istana pasir sambil belajar mengenal binatang laut yang tinggal di pantai. Ada bintang laut, kepiting, udang, teripang, dan kerang. Berkenalan dengan mereka yuk!"

Dibalik Cangkang Keras Si Kerang

Kalsium Karbonat dari air laut diambil oleh kerang sebagai bahan utama membangun rumahnya. Cangkang kerang tumbuh berlapis-lapis, mulai dari tebal hingga tipis sesuai besar tumbuhnya kerang. Warna indah yang muncul di lapisan luar cangkang kerang berasal dari kelenjar tubuh kerang yang mengandung zat pewarna.

"Wow, banyak sekali ikannya! Ya, di sini kamu akan bertemu dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang, karena perairannya masih mengandung oksigen dan sinar matahari yang dapat menembus ke dalam air. Siap-siap bertemu dengan kuda laut, ubur-ubur, penyu, ikan-ikan tropis, serta rumput laut yang cantik ya!"

Kuda Laut Berenang, Bagaimana Caranya?

Seperti ikan lainnya, kuda laut bisa berenang! Ia berenang ketika berdiri lurus di dalam air. Dengan melambaikan sirip kecil di punggung belakangnya, ia mendorong dirinya untuk berenang. Walau perenang yang lambat, kuda laut juga bisa renang cepat saat posisi telungkup.

"Mulai sepi nih, pada kemana ya ikannya?
Memang tak banyak ikan yang hidup di perairan laut dalam. Tapi kamu bisa bertemu dengan ikan Cod, ikan Salmon, hiu paus, dan gurita. Hati-hati dengan lereng curam di perairan laut dalam ini ya."

Ikan Cod Kaya akan Nutrisi

Jauh di laut dalam, ada Ikan Cod yang berenang bergerombol dengan teman-temannya. Minyak Hati yang dihasilkannya, bisa membantu perkembangan otak cerdasmu lho. Selain kaya akan Omega 3, Minyak Hati Ikan Cod juga dilengkapi dengan Vitamin A dan D alami.

Gelap dan dingin, tapi jangan takut! Ada Angler Fish yang memiliki lampu di kepalanya, menemanimu menjelajah laut paling dalam. Jangan kaget ya, kalau tiba-tiba ada bayangan hitam besar di atasmu. Pasti itu Hiu Paus yang ingin berkenalan denganmu!

Bertemu Ikan Terbesar di Lautan!

Dianugerahi sebagai ikan terbesar di lautan, Hiu Paus ini ternyata tidak punya gigi lho! Untuk makan, ia hanya membuka mulutnya lebar-lebar untuk melahap plankton dan ikan-ikan kecil di sekitarnya.