Dunia Smart vidoran
smartpedia

5 Kemampuan
Unik

Hewan

Seperti si Kecil yang terlahir dengan berbagai talenta yang berbeda, hewan pun juga demikian lho. Sebagai spesies, setiap jenis hewan memiliki kemampuan unik yang berbeda satu sama lain. Yuk, ajak si Kecil untuk ikut membaca Smartpedia kali ini dan mempelajari Kemampuan Unik Hewan!

Ayo bagikan info ini ke Bunda lainnya!

smartpedia

BUNGLON
Si Jago Menyamar

Jika manusia bisa berganti baju, hewan yang satu ini juga bisa lho. Saat berada di atas daun, seluruh tubuhnya akan menjadi hijau. Ketika berpindah ke batang pohon, warna tubuhnya juga mengikuti warna batang pohon. Betul sekali, hewan ini adalah bunglon! Kemapuan unik pada bunglon ini disebut MIMIKRI, dilakukan sebagai bentuk adaptasi untuk mengelabui pemangsanya.

BURUNG BEO
Si Ahli Meniru

Burung Beo dikenal sebagai burung yang paling pandai menirukan suara, termasuk suara manusia. Ternyata, hal ini bisa terjadi karena Burung Beo punya struktur otak yang berbeda dari burung lain. Burung Beo punya bagian otak yang bisa mengingat suara dan menirukan suara. Burung Beo juga memiliki otot tenggorokan yang berfungsi mengatur udara sebelum menjadi suara, sehingga suara yang dikeluarkan bisa sama dengan suara yang ditirukan.

smartpedia smartpedia smartpedia smartpedia smartpedia

GAJAH
Si Pengingat

Tahukah kamu, hewan besar yang satu ini ternyata bisa mengingat hal-hal kecil lho!! Berkat ingatannya yang sangat baik, Gajah bisa mengenali ciri teman-temannya dari segi fisik dan bau. Tidak cuma itu, Gajah juga bisa mengingat kembali tempat yang pernah dikunjunginya meski sudah lama tidak ke sana, atau mengingat lagi kejadian yang pernah dialaminya.

PENYU
Si Umur Panjang

Dikenal sebagai hewan yang lambat, ternyata hal Ini justru jadi kelebihan Penyu! Karena proses mencerna makanannya juga lambat, penyu bisa bertahan hidup lebih lama tanpa makanan. Selain itu, dengan badan yang besar dan terlindungioleh tempurung yang kuat, membuat Penyu hampir tidak punya musuh yang memangsanya.

200 tahun
smartpedia smartpedia

GURITA
Si Tinta Hitam

Sebagai hewan yang tinggal diperairan laut dalam, gurita harus punya sistem perlawan dan pertahanan yang baik dong. Bagaimana caranya ya? Ternyata dalam situasi terancam, gurita akan menyemburkan tinta. Tinta ini akan mengacaukan pandangan dan konsentrasi lawan, sehingga ia bisa kabur dan selamat dari hewan yang akan memangsanya deh!

PAUS BELUGA
Si Navigator

Tahukah kamu, hewan yang hidup di perairan laut dalam ini ternyata bisa mengeluarkan suara seperti nyanyian lho. Selain untuk berkomunikasi, suara ini juga digunakan untuk menentukan lokasi, yaitu dengan mendengarkan pantulan suara yang dipantulkan objek di sekitarnya. Lewat bunyi pantulan ini, Paus Beluga bisa mengetahui lokasi mangsanya, ataupun untuk membantu navigasi di laut dalam yang gelap. Kemampuan ini disebut dengan EKOLOKASI.

smartpedia smartpedia
smartpedia
smartpedia