Dunia Smart vidoran

Clicks: 0

Halo teman-teman, tahukah kamu bahwa tubuh kita punya 5 indera yang sangat hebat.

Berkat kelima indera inilah kita bisa merasakan banyak hal-hal yang menyenangkan di dunia seperti melihat indahnya warna-warni bunga, mencium wanginya yang segar, mendengarkan suara hujan, merasakan manisnya susu coklat, dan mencium aroma makanan kesukaanmu.

Siapa saja mereka? Yuk kita berkenalan lebih jauh!

Kerja indera yang satu ini dibantu oleh 2 organ tubuh yang letaknya berdekatan di kepala. Bentuknya pun bermacam-macam pada tiap orang, ada yang sipit, bulat, belo namun semua punya fungsi yang sama.

Indera yang pertama adalah, mata! Mata kita bertugas menerima rangsangan dari objek yang ada di sekitar dengan bantuan cahaya, sehingga kita bisa melihat hal-hal di sekitar kita.

Sayangnya, banyak orang yang mulai mengabaikan kesehatan mata karena terlalu asyik bermain gadget, padahal hal ini bisa menurunkan fungsi penglihatan lho. Semoga kamu tidak begini ya!

Kembali

Berkat sepasang telinga yang kita punya, kita bisa mendengar lagu kesukaan kita dan suara-suara menarik lainnya.

Bagaimana cara kerjanya? Suara masuk ke telinga kitayang seperti terowongan yang rumit. Suara tersebut akan sampai ke otak dan diterjemahkan oleh otak kita.

Apa hayo suara favoritmu? Sirine mobil polisi, suara anjing menggonggong atau suara bel pulang sekolah?

Kembali

Bagaimana kamu tahu bila Ibu memasak ayam goreng, bakso, atau sayur sop hari ini? Itu semua karena indera penciumanmu bekerja dengan baik yang berarti kamu memiliki hidung yang sehat.

Saat kita bernafas, bau-bauan yang melayang di udara akan masuk ke rongga hidung. Bau ini akan diteruskan ke otak untuk diterjemahkan sehingga kita tahu bau apa yang sedang kita cium.

Hmm, kalau kamu, paling suka bau masakan Ibu yang mana nih?

Kembali

Apakah kamu suka rasa manis dari vidoran Gummy vit C kesukaanmu? Dari mana kamu mengenal rasa manis ini? Betul, tugas lidah kitalah sebagai indera pengecap untuk membedakan rasa asam, manis, asin, pahit, dan gurih. Setiap rasa yang kita kecap lewat bagian depan lidah, belakang lidah, atau mulut bagian belakang diterima sebagai rangsangan lewat bintil-bintil kecil di permukaan lidah kita.

Selanjutnya, otak akan menerjemahkan apakah makan dan minuman itu terasa manis, asam, asin, pahit atau gurih.

Kalau kamu, paling suka makanan yang seperti apa nih?

Kembali

PANAS PANAAASS!! Tangan kita memerah saat memegang cangkir panas. Pernahkah kamu mengalaminya? Hal ini terjadi karena kulit kita yang bekerja sebagai indera peraba menerima rangsangan berupa suhu panas.

Lewat kulit atau tangan, kita menerima rangsangan berupa sentuhan, tekanan, tekstur ataupun perubahan suhu. Rangsangan ini kemudian diteruskan ke otak, agar otak bisa memberi perintah bagaimana kita harus meresponnya.

Itulah kenapa tangan merasa dingin saat memegang es batu, atau kesakitan saat tertusuk duri.

Kembali

Kelima indera yang kita miliki ini tentu sangat bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari. Bayangkan, jika salah satunya tidak berfungsi dengan baik pasti kita juga akan kesulitan.

Pastikan kamu menjaga kesehatan semua panca inderamu agar tetap berfungsi dengan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan minum susu vidoran Xmart untuk pelengkap gizimu agar semua inderamu dapat bekerja maksimal!