Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata ‘pahlawan’? Mungkin kamu akan teringat pada film dan cerita tentang jagoan baik hati berkekuatan super. Namun sebenarnya, ada sosok pahlawan dalam kehidupan nyata yang telah berjuang dalam berbagai bidang untuk memajukan negara kita.
Yuk ikut aku kenalan dengan para Pahlawan Indonesia!
Dahulu, anak-anak perempuan Indonesia tidak bisa mendapatkan pendidikan di sekolah seperti saat ini. Namun Kartini tak lelah berjuang agar perempuan juga bisa belajar dan bersekolah. Ia kemudian mendirikan sekolah khusus untuk perempuan agar mereka juga bisa membaca dan menulis.

Kartini juga rajin berkirim surat dengan teman-temannya yang merupakan orang Belanda. Surat-surat itu berisi pemikiran Kartini yang kemudian diterbitkan menjadi buku berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Hebat ya!
Keren banget ibu Kartini!
Nah, pahlawan yang satu ini adalah tokoh yang mendirikan Perguruan Taman Siswa yaitu sekolah untuk pemuda-pemuda Indonesia di zaman penjajahan Belanda. Ia juga menciptakan semboyan “Tut Wuri Handayani” yang artinya adalah seorang guru harus memberikan semangat atau dorongan kepada muridnya. Semboyan ini masih dipakai sebagai simbol pendidikan di Indonesia hingga sekarang, lho!
Terima kasih Ki Hajar Dewantara, aku bisa bersekolah sekarang.
Mereka adalah Presiden dan Wakil Presiden pertama Negara Indonesia. Keduanya adalah penggerak proklamasi kemerdekaan Indonesia yang sebelumnya dijajah oleh Belanda. Bahkan, Soekarno juga membuat dasar-dasar Negara Indonesia yang kita gunakan hingga saat ini yaitu Pancasila. Kalian sudah hafal Pancasila belum?
Aku ingin berani seperti mereka!
Beliau tidak kalah hebat dengan pahlawan lainnya. Ia berhasil memimpin dan memenangkan berbagai pertempuran penting melawan penjajah. Tidak heran kalau sosok Jenderal Sudirman akhirnya dijadikan pahlawan nasional.

Bahkan namanya diabadikan sebagai nama sebuah jalan utama di DKI Jakarta dan patungnya pun didirikan di jalan tersebut. Apa kamu sudah pernah melihat langsung Patung Jenderal Sudirman?
Aku ingin kuat seperti Jenderal Sudirman!
Mantan Presiden ke-3 Indonesia ini juga pantas disebut sebagai pahlawan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat masih bersekolah di Jerman, Habibie berhasil menemukan cara untuk mengantisipasi kecelakaan dengan meningkatkan faktor keselamatan penerbangan.
Habibie juga sukses merancang pesawat sendiri yang kemudian mempelopori produksi pesawat buatan Indonesia. Keren banget ya!
Cita-citaku jadi pintar & bikin pesawat seperti Pak Habibie!