Dunia Smart vidoran

Konsultasikan seputar kesehatan si Kecil di Tanya Pakar vidoran.
Pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh ahlinya!

Topik & Jawaban

JADWAL SUSU BAYI

Mama Mozza


Q: Hallo dok, bisakah dokter memberi info jadwal susu bayi usia 1 sampai 6 bulan.Berapa jam sekali dan berapa ml susu yang harus di berikan.

A: Halo Bunda Mozza,

Disarankan untuk memberikan ASI eksklusif setidaknya 6 -12 bulan. Pada ASI yang pertama kali keluar terdapat kolostrum (cairan berwarna kekuningan) yang sangat baik bagi sistem pertahanan tubuh si kecil. Pada usia 0-6 bulan, menyusui sebaiknya “on demand” atau berikan setiap terlihat tanda si kecil lapar, meskipun belum waktunya dia menyusu. Bayi yang baru lahir perlu disusui 8-12 kali dalam 24 jam atau setiap 1.5 - 2 jam sekali dan jangan sampai jadwal terlewat lebih dari 4 jam, bahkan ketika tidur malam hari karena si kecil akan kelaparan. Memasuki usia 2 bulan, frekuensi dapat berkurang 7-9 kali dalam 24 jam atau setiap 3 jam sekali. Frekuensi menyusu akan berkurang seiring bertambahnya usia si kecil dan jadwalnya pun akan lebih teratur.
Bunda perlu bersabar ketika menyusui, maka sediakan waktu 20-40menit hingga si kecil selesai menyusu, rileks dan tertidur. Hitunglah waktu dari awal menyusu sampai jadwal menyusu berikutnya, misalnya: mulai minum susu pukul 6 pagi dan selesai pukul 6.35, maka jam menyusui berikutnya pukul 8 pagi.
Jadwal menyusui juga serupa apabila Bunda perlu memberi susu formula, ikuti petunjuk kemasan dalam mempersiapkan susu si kecil. Kebutuhan susu setiap bayi berbeda-beda, ada yang minum lebih banyak atau pun lebih sedikit sehingga jangan paksakan si kecil untuk menghabiskan susu botolnya setiap saat. Tanda si kecil mendapatkan makanan yang cukup antara lain: BAB 6 kali atau lebih per hari, berat badan bertambah sesuai kurva pertumbuhan normal, aktif dan ceria. Bunda sebaiknya mencatat berat dan tinggi badan si kecil setiap bulan, yang dapat dilakukan di posyandu.

Semoga penjelasan ini bermanfaat ya Bunda. Terima kasih :)

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!