Dunia Smart vidoran

Konsultasikan seputar kesehatan si Kecil di Tanya Pakar vidoran.
Pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh ahlinya!

Topik & Jawaban

BERAT BADAN BAYI

Ilmi sawianti


Q: Bayi saya umurnya 4 bulan, dan beratnya masih 5 kilo. Bayi saya terlihat kurus. Bayi saya minum sgm ananda. Saya mau pindah ke vidoran my baby? Apakah bisa meningkatkan berat badan bayi saya?

A: Halo Bunda Ilmi,

Berdasarkan World Health Organization (WHO), berat badan bayi usia 4 bulan berkisar 5.8kg-8.6kg untuk laki-laki dan 5.1kg-8kg untuk perempuan. Bunda dapat memastikan kesehatan pertumbuhan anak berdasarkan kurva tinggi dan berat badan yang terdapat di posyandu atau puskesmas. Selain itu, Bunda dapat mencoba hal berikutl:
1. Tawarkan bayi untuk menyusu setidaknya 2 jam sekali. Sangat baik bila Bunda juga dapat memberikan ASI setidaknya 6 bulan karena ASI mengandung kolosturm (cairan ASI berwarna kekuningan) yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
2. Apabila Bunda kesulitan dengan produksi ASI, berikan sufor berbasis susu sapi bila si kecil tidak memiliki gangguan alergi. Takaran pemberian sufor dapat disesuaikan dengan kebutuhannya, namun jenis sufor harus mengikuti usia bayi.
3. Buatlah suasana tenang dan nyaman untuk menyusui sehingga Bunda dan si kecil dapat rileks. Stress juga merupakan salah satu penghambat produksi ASI pada ibu.
4. Saat memasuki usia 6 bulan, segera perkenalkan MPASI dengan memeberikan makanan kaya protein, vitamin dan mineral yang terdapat pada daging, ikan, telur, biji-bijian, sayur-mayur, dan buah-buahan. Jangan sampai terlambat memperkenalkan MPASI untuk mencegah risiko alergi dan anak susah makan.
5. Catat tinggi serta berat badan anak setiap bulan untuk mengetahui pertumbuhannya dan konsultasikan kesehatan bayi secara berkala dengan dokter anak.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!