Konsultasikan seputar kesehatan si Kecil di Tanya Pakar vidoran.
Pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh ahlinya!

Topik & Jawaban

APAKAH AMAN JIKA BAYI TERLILIT TALI PUSAT?

Siti Nurbaya


Q: Sy Hamil 30 Minggu dan ini kehamilan ke-3.Sangat berbeda dengan 2 kehamilan sebelumnya.Sy mengalami morning sickness parah dan susah makan nasi.Sampai usia kehamilan sekarang jg msh sering mual.Minggu lalu,sy USG dan dokter menjelaskan kalau baby nya terlilit tali pusat.Apakah aman jika melahirkan normal?lalu mengapa perut sy sering terasa kencang?

A: Dear Bunda Siti,

Mual dan muntah ketika hamil trimester awal disebabkan hormon kehamilan yang muncul dan meningkat hingga 13-14 minggu, setelah itu berangsur akan menurun kadarnya dan mual mereda. Menjadi tidak wajar jika kondisi mualnya disertai muntah-muntah hebat dan mengganggu aktifitas harian. Banyak minum air putih selain dapat membantu terhindar dari kondisi dehidrasi, juga menyebabkan banyak buang air kecil, kondisi ini dapat meredakan mual muntah karena hormon penyebab mual tersebut dibuang melalui urin.

Konsumsi jahe juga dpt mengurangi mual muntah, yang juga tidak kalah penting adalah pemilihan makan, hindari makanan yang dpt menstimulasi asam lambung berlebihan, karena dikhawatirkan kondisi mual muntah dapat diperberat akibat maag/peningkatan kadar asam lambungnya. Jika kondisi klinis dinilai perlu, maka dokter akan berikan obat mual agar keluhan dapat lekas mereda dan bisa kembali beraktifitas seperti sediakala.

Kemudian nyeri ketika kehamilan semakin besar (biasanya saat memasuki akhir trimester 2 atau saat trimester 3) adalah akibat dari ukuran rahim dan janin yang semakin besar dan berat. Struktur penyangga rahim ikut berubah menyesuaikan, serta secara gravitasi beban berat janin juga akan semakin menekan ke area bawah panggul. Ini yang menyebabkan nyeri pada area panggul dan vagina/selangkangan. Kondisi ini menjadi masih wajar selama masih bisa melakukan aktifitas, namun menjadi tidak wajar dan harus dilakukan evaluasi jika sampai sakit sekali hingga mengganggu aktifitas harian.

Untuk meringankan kondisi tersebut maka ketika melakukan perubahan posisi harus dilakukan perlahan, juga boleh dicoba menggunakan korset penyangga perut khusus untuk kehamilan, biasanya akan dirasa lebih nyaman dan nyeri berkurang. Semoga informasinya membantu ya, Bunda.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!