Dunia Smart vidoran

Konsultasikan seputar kesehatan si Kecil di Tanya Pakar vidoran.
Pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh ahlinya!

Topik & Jawaban

BICARA

Nuryati


Q: Dok anak saya kan laki-laki mau umur 2thn bulan april 2020.. nah.. tapi dia belum bisa bicara dok ... sya khawatir .. setiap ada orang nanya ko belum bisa ngmong .. trus selalu nanya emang susuya apaan ... lalu saya jawab vidoran .. eh malah dijawaby enteng banget .. pantesan belum bisa ngmong .. apa pertumbuhan anak bicara ngaruh sma susu dok??

A: Dear Bunda Nuryati,

Saat anak berusia 24 bulan, ada beberapa hal yang seharusnya sudah bisa dilakukan terkait kemampuan bicaranya, yakni menunjukkan benda apabila diminta, menyebut nama orang yang dikenal dekat, mengucapkan anggota tubuh, berbicara dalam kalimat berisi 2-4 kata, dan mengikuti instruksi berlapis.
Apabila anak tidak dapat mengikuti instruksi sederhana, belum dapat menggunakan rangkaian 2 kata seperti “minum susu”, atau tidak menunjukkan ketertarikan menirukan kata-kata orang lain, maka perlu pemeriksaan lebih lanjut. Langkah terbaik adalah anak diperiksakan langsung di klinik tumbuh kembang, agar dapat dilakukan pengecekan kemampuan berbicaranya dengan lebih lengkap dan saran untuk langkah selanjutnya.
Pemberian susu tidak memiliki pengaruh langsung terhadap perkembangan bicara Anak. Apabila nutrisi tercukupi dan stimulasi yang diberikan juga baik, maka Anak akan mencapai tahapan perkembangan yang normal.

Semoga informasinya cukup membantu ya, Bunda. Terima kasih.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!