Dunia Smart vidoran

Konsultasikan seputar kesehatan si Kecil di Tanya Pakar vidoran.
Pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh ahlinya!

Topik & Jawaban

TUMBUH KEMBANG ANAK

Euis Agustina


Q: Anak saya berusia 9 tahun. Makannya lahap sampai 4x sehari. Minum susu juga. Tapi badannya ko kurus ya? Berat badannya klo naik cuma sedikit. Sekarang tingginya 128cm berat badan 23 kg. Normalkah itu?

A: Halo Bunda Euis Agustina,

Untuk permasalahan kenaikan berat badan pada anak, pertama-tama perlu diketahui apakah berat dan tinggi anak sudah sesuai dengan usianya. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat kurva pertumbuhan, misalnya saat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.
Kemudian, evaluasi juga apakah kuantitas dan kualitas makanan sudah baik. Pemberian makan dilakukan dengan jadwal yang konsisten (3x makan utama dan 2x selingan di jam-jam yang sama) dan mengandung zat gizi makro (karbohidrat, protein, serat, lemak) maupun mikro (vitamin, mineral).
Pada anak di atas usia 2 tahun, pemberian susu dalam sehari sebaiknya tidak melebihi 400 ml. Volume susu yang berlebih dapat menghambat penyerapan beberapa jenis nutrisi maupun mengganggu nafsu makan. Selain itu, pada beberapa anak konsumsi susu yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan gangguan buang air besar.
Agar dapat dilakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dan mencari penyebab gangguan kenaikan berat badan, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter spesialis anak, sehingga penanganannya lebih tepat.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!