Dunia Smart vidoran

Konsultasikan seputar kesehatan si Kecil di Tanya Pakar vidoran.
Pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh ahlinya!

Topik & Jawaban

ANAKKU SUSAH MAKAN

R. Wuri sekarningrum


Q: Maaf dokter, saya mau tanya, bagaimana cara meningkatkan nafsu makan pada anak usia 1 tahun 6 bulan?

A: Halo Bunda Wuri,

Untuk permasalahan sulit makan pada bayi dan anak, pertama-tama perlu diketahui apakah berat dan tinggi anak sudah sesuai dengan usianya. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat kurva pertumbuhan standar (dapat dijumpai pada posyandu/ klinik anak/buku KMS/KIA) atau saat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

Kemudian, evaluasi juga apakah Feeding Rules atau aturan pemberian makan sudah diterapkan. Di antaranya, pemberian makan dengan jadwal yang konsisten (3x makan utama dan 2x selingan di jam-jam yang sama), makan sambil duduk, tidak ada distraksi (seperti TV, mainan, atau gadget), durasi makan maksimal 30 menit, dan tidak boleh ada paksaan.

Agar dapat dilakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dan mencari penyebab gangguan makan, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter spesialis anak sehingga penanganannya lebih tepat.

Pemberian susu pada anak sebaiknya tidak dilakukan dengan tujuan meningkatkan berat badan, kecuali susu khusus tinggi kalori yang memang digunakan untuk anak dengan kondisi gizi kurang atau gizi buruk. Pemberian susu seharusnya tidak mengganggu jam-jam makan. Maka, berikanlah susu di luar waktu makan, supaya anak tetap memiliki nafsu makan yang baik. Semoga jawaban ini membantu ya, Bunda.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!