Dunia Smart vidoran

Konsultasikan seputar kesehatan si Kecil di Tanya Pakar vidoran.
Pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh ahlinya!

Topik & Jawaban

TANYA DOK

Hana


Q: Dok..anak sy umur 2 thn kenapa dia kl pup keras spt batu apa mungkin karena susunya ya?apa saya ganti susu soya saja..tapi apakah tidak apa kalau langsung sy ganti susu soya?Trima kasih

A: Dear Bunda Hana,

Konstipasi merupakan hal yang cukup sering terjadi pada anak-anak dikarenakan jadwal BABnya yang belum teratur atau pergerakan ususnya yang lebih lamban dari normal sehingga BABnya sulit, keras dan sakit.

Hal yang dapat mempengaruhi BAB pada anak-anak, seperti:
1. Makanan – makanan berserat pada buah, sayur dan biji-bijian merupakan makanan yang baik untuk mengatasi susah BAB. Anak usia 2 tahun memerlukan cairan sebanyak 1.3L/hari sehingga pastikan ia minum cukup air putih (500-700ml/hari) dan mendapat cairan lain dari makanannya. Hindari makanan olahan yang tidak mengandung serat, tinggi gula, dan lemak jenuh. Bunda dapat menawarkan air minum dalam sippy cup setiap jam.
2. Aktivitas fisik – anak yang kurang aktif atau sedikit bergerak dapat memperlambat kerja usus. Bunda dapat melakukan pijitan lembut pada bagian perut si kecil, mengajaknya bermain, maupun menggerakan bagian tubuhnya ketika ia berbaring.
3. Obat/ supplement – beberapa jenis obat maupun supplement dapat menyebabkan susah BAB
4. Trauma – si kecil tidak mau BAB karena pernah merasakan sakit ketika BAB sebelumnya sehingga menumpuk kotoran di usus yang menyebabkan kotoran mengeras.

Disarankan untuk menggunakan susu formula berbasis susu sapi. Penggunaan sufor special (misalnya berbasis susu kambing atau susu kedelai) dapat digunakan dibawah pengawasan dokter dan hanya untuk anak-anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Selain itu, apabila anak anda memiliki alergi dengan susu sapi, ada kemungkinan juga alergi dengan kedelai/ soy. Susu sapi mengandung nutrisi yang baik bagi usia pertumbuhan anak anda, seperti kalsium, magnesium, protein, dan vitamin B complex.
Konstipasi pada anak-anak dapat membaik dengan perubahan pola makan ataupun bantuan obat pencahar khusus (harus dikonsultasikan dengan dokter). Pada usia 2 tahun si kecil perlu mengkonsumsi aneka jenis makanan bergizi untuk menunjang pertumbuhannya dan pastikan ia mengkonsumsi cukup serat dari buah (150gr/hari) dan sayuran (150gr/hari) serta minum air putih.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!