Dunia Smart vidoran

Konsultasikan seputar kesehatan si Kecil di Tanya Pakar vidoran.
Pertanyaan terpilih akan dijawab langsung oleh ahlinya!

Topik & Jawaban

NUTRIPLEX DAN YG LANJUTKAN

inggih


Q: mau tanya anak saya hiperaktif ukur 7bulan ..cocoknya pakai yg mana,soal susu lain deras tapi kok susah gemuk...dan asi ibunya dikit banget

A: Halo Bunda Inggih,

Jangan terlalu khawatir dahulu dengan berat badannya, sebaiknya periksakanlah dahulu status gizi si kecil untuk mengetahui apakah pertumbuhannya masih baik dengan mencocokan tinggi dan berat badannya dengan kurva pertumbuhan. Apabila pertumbuhannya terhambat, si kecil terlihat lesu dan tidak aktif, segera konsultasikan kesehatannya dengan dokter spesialis.
Memasuki usia 6 bulan ke atas, sebaiknya si kecil memulai MPASI. Berikanlah anak anda makanan sehat bergizi, seperti: sayur-mayur, buah-buahan, nasi, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, susu, keju/yogurt, dll. Hindari memberikan makanan/ cemilan yang tinggi kalori, gula, maupun MSG, seperti: chips, keripik, permen, coklat, junkfood, minuman kemasan, soda, dll. Jangan lupa untuk mengikuti feeding rules berikut:
1. Buatlah jam makan yang teratur setiap hari. Pastikan anak tidak terlalu banyak ngemil/ minum susu, sehingga dapat makan dengan teratur sesuai jam yang ditentukan. Jumlah susu yang dapat diberikan untuk usia 7 bulan yaitu 4 botol (±1000 ml) per hari.
2. Tidak menyerah ketika anak menolak untuk makan makanan rasa baru. Anda mungkin perlu memperkenalkan 1 jenis rasa hingga lebih dari 10 kali kepada anak anda sebelum dia dapat memutuskan untuk menyukai makanan tersebut. Banyak orang tua yang menyerah ketika anak menolak makanan dalam dua atau tiga kali.
3. Buatlah waktu makan menjadi menyenangkan. Ajaklah anak Anda untuk makan bersama pada saat jam makan sehingga dia dapat mengamati makanan yang dimakan orang lain. Hal ini dapat merangsang rasa ingin tahunya sehingga mau untuk mencoba makanan baru. Anda dapat menjadi contoh yang baik untuk membiasakan anak makan sendiri ketika semua orang makan bersama dan waktu makan pun akan menjadi lebih menyenangkan bagi mereka. Pastikan Anda membatasi waktu makan anak, tidak lebih dari 30min.
4. Anda dapat menawarkan cemilan sehat kepada anak. Namun, ketika anak anda terlalu banyak ngemil, maka saat jam makan ia akan merasa kenyang sehingga sulit makan. Batasi cemilan hingga 2 kali sehari, yaitu 1-2 jam diantara jam makan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat ya Bunda. Terima kasih :)

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!