Pandemi COVID-19 telah membuat ibu hamil berjuang untuk menyesuaikan diri pada kondisi new normal yang sedikit banyak memberi tekanan tersendiri pada mereka.  Hasil penelitian yang dimuat dalam laman Science Direct menunjukkan, pandemi COVID-19  secara signifikan berpotensi menimbulkan kecemasan, kesulitan, dan ketakutan, yang berdampak negatif pada emosi ibu hamil.

Secara mental ibu hamil bisa lebih merasa kesepian. Dukungan keluarga (seperti dari ibu atau ibu mertua) yang biasanya dapat membantu ibu hamil menjalani proses kehamilan, kini bisa lebih sulit didapat karena imbauan untuk lebih banyak di rumah, terutama untuk yang berusia di atas 65 tahun. Ibu hamil juga mengaku memiliki kecemasan dan ketakutan tentang kesehatan janin dan diri mereka sendiri.

Dalam penelitian yang diadakan di Turki tersebut banyak ibu hamil yang berusaha berdamai dengan kecemasan dan ketakutan yang muncul akibat pandemi ini. Mereka tetap mencoba berpikir positif dengan lebih banyak berdoa dan mengalihkan perhatian dari hal-hal yang mencemaskan dengan menjalankan hobi mereka, seperti membaca buku, memasak, dan sebagainya. Untuk menghindari kecemasan, beberapa ibu hamil memilih untuk tidak menonton berita atau hanya menyeleksi berita yang berisi informasi-informasi yang lebih positif. Mereka juga mengaku lebih sering melakukan video call dengan kerabat-kerabat tercinta untuk menghilangkan stres selama kehamilan.

Bagaimana dengan Bunda? Pandemi memang akan menambah tekanan fisik dan emosional, namun Bunda juga perlu mencari cara untuk berdamai dengan kondisi normal yang baru ini.

Hal penting lainnya, Bunda perlu menjaga kesehatan dengan lebih menikmati makanan yang bergizi seimbang dan bervariasi agar Bunda tetap fit selama kehamilan.  Sistem kekebalan ibu hamil tergolong unik, namun bukan berarti sakit-sakitan adalah hal wajar. Penelitian menyebutkan, kekurangan nutrisi tertentu, salah satunya asam folat, dapat mengganggu daya tahan tubuh dan kesehatan Ibu hamil.

Untuk itulah Bunda perlu melengkapi gizi Bunda dengan minum susu vidoran Ibunda. Susu vidoran Ibunda disebut sebagai susu terbaik untuk ibu hamil karena susu ibu hamil ini lengkap dengan NUTRIPLEX yang mengandung Cod Liver Oil, Tinggi Kalsium, Omega 3&6, Sumber 12 vitamin & 8 mineral, termasuk asam folat. 

Untuk Bunda yang hamil muda, susu vidoran Ibunda juga dilengkapi dengan vitamin B6 yang yang dapat membantu meredakan gejala mual. Cod Liver Oil pada susu vidoran Ibunda mengandung Omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi akan vitamin A & D alami yang dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak janin, retina mata janin, pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh janin, serta menjaga asupan nutrisi dan daya tahan tubuh Ibu selama masa kehamilan.

Pandemi COVID-19 memang akan membuat peran ibu kian menantang, namun semoga semua tantangan ini justru menjadikan Bunda menjadi sosok ibu yang lebih kuat.

Selamat Hari Ibu!